3 Perabotan Canggih untuk Melengkapi Smart Home Anda

37

Di era modern seperti sekarang, teknologi telah banyak membantu kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kita bisa melakukan banyak hal dengan cara yang lebih mudah dan praktis. Misalnya, mencuci pakaian menggunakan mesin cuci yang bisa di-setting untuk mengisi air dan mencuci secara otomatis.

Anda juga sangat terbantu dengan teknologi CCTV yang sekarang instalasinya semakin mudah dan bisa diakses dari ponsel. Hanya bermodalkan koneksi internet, adaptor, dan aplikasi di ponsel, Anda bisa mengawasi rumah ketika Anda sedang bepergian.

Lalu, teknologi apa lagi yang bisa membantu Anda semakin leluasa beraktivitas di rumah? Berikut beberapa di antaranya.

Echo Spot

Gadget ini merupakan keluaran Amazon dan generasi penerus dari Echo Dot yang merupakan Bluetooth speaker pintar yang bisa melakukan banyak perintah. Echo Spot dilengkapi layar yang bisa digunakan untuk membaca lirik lagu, membaca daftar belanja bulanan, berperan sebagai alarm, dan memutar musik.

Foto: Amazon.com

Salah satu fitur unggulan alat ini, yaitu keberadaan asisten personal bernama Alexa yang akan membantu Anda melakukan nyaris semua hal. Alexa akan mengikuti komando suara Anda dan mencarikan informasi yang Anda butuhkan. Alexa bisa melakukan panggilan telepon, mencarikan lirik lagu favorit Anda, mengakses kamera CCTV di seluruh bagian rumah, mengatur suhu ruangan, sampai memesan pizza.

Fitur-fitur dalam Echo Spot bisa berfungsi optimal jika Anda mengoneksikan beberapa perabotan smart lainnya, khususnya yang juga keluaran Amazon.

Harga produk ini dibanderol sekitar 129,99 dollar AS atau setara Rp1.846.000.

Nest Protect Smoke and Carbon Monoxide Alarm

Di negara Barat, alat ini merupakan salah satu alat yang wajib ada di rumah-rumah. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi adanya kebakaran dari dapur dan jika terjadi kebocoran gas. Di Indonesia, beberapa rumah juga sudah memiliki alat deteksi asap ini.

Foto: wink.com

Alat ini berbeda dengan detektor asap konvensional yang fungsinya hanya untuk mengenali asap, tanpa mengetahui itu adalah asap dari kegiatan memasak atau asap karena kebakaran. Nest memiliki tingkat kepintaran yang lebih canggih karena bisa mendeteksi jenis asap yang berbeda. Selain itu, Nest dapat dikoneksikan melalui WiFi dan Bluetooth membuat Anda mudah melakukan pengawasan ketika sedang bepergian.

Nest akan memberikan notifikasi ke ponsel Anda ketika mendeteksi adanya asap kebakaran atau kebocoran gas. Nest juga akan memberikan notifikasi ketika sudah saatnya ganti baterai atau ketika terputus dari koneksi WiFi.

Alat ini dibanderol seharga 118,49 dollar AS atau setara sekitar Rp1.600.000.

Robot Pemotong Rumput

Memiliki pekarangan yang luas memang menyenangkan. Anda bisa bersantai di area tersebut di pagi atau sore hari untuk menghirup udara segar. Belum lagi ketika Anda ingin mengadakan acara gathering, Anda bisa menyelenggarakan garden party.

Namun, memiliki pekarangan luas tentu membutuhkan maintenance yang tak gampang. Untuk tetap tampil cantik, taman harus rutin dirawat, mulai dari pemangkasan rumput hingga merawat pohon dan bunga yang ada di sana.

Bagi banyak orang, kegiatan memotong rumput bukanlah aktivitas yang menyenangkan. Belum lagi banyaknya waktu yang tersedot untuk melakukan hal tersebut. Nah, jika Anda salah satu orang yang tak menyukai aktivitas memotong rumput, Anda bisa memboyong sebuah robot pemotong rumput.

Foto: MonicaP/Pixabay

Robot ini bentuknya seperti pemotong rumput pada umumnya, tetapi tak memiliki gagang. Robot ini akan bekerja secara otomatis memotong rumput di taman Anda. Cara kerja robot ini adalah bergerak sesuai batasan yang sudah Anda tentukan—menggunakan kabel yang dipasang seluas taman Anda.

Alat ini memiliki sensor yang sangat sensitif ketika terangkat atau menabrak sesuatu yang otomatis membuatnya mengubah arah atau mematikan mesin. Anda bisa menyesuaikan panjang-pendek hasil potongan dengan melakukan pengaturan.

Ada banyak merek robot pemotong rumput yang dijual di pasaran. Harganya bervariasi, yaitu berada di atas 300 dollar AS atau sekitar Rp4.000.000.

Irvan, warga Green Cove, adalah salah satu warga Serpong yang memiliki robot pemotong rumput ini. “Saya beli satu tahun lalu via Alibaba. Alat ini memang sangat membantu apalagi ketika tukang kebun sedang berhalangan hadir. Saya bisa ‘mengerjakan’ taman dengan mudah dan hasilnya juga memuaskan kok!”

Penulis: Krista Rai

Foto: Gerd Almann/Pixabay

Follow Instagram @etalaseserpong