4 Kriteria yang Harus Dimiliki Rekan Bisnis

137

Ada masanya tak semua peluang bisnis bisa kita kerjakan sendiri. Beberapa bisnis perlu dikerjakan Bersama partner, apalagi bidang yang tak begitu kita kuasai. Dengan memiliki partner bisnis, kita bisa berbagi tugas, modal, dan inovasi. Akan semakin banyak ide dagn gagasan yang bisa dilontarkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Selain itu, berpartner akan membuat Anda tak sepenuhnya menanggung modal usaha. Selain itu, Anda juga memiliki partner untuk melakukan brainstorming dan memikirkan konsep bisnis Bersama.

Namun, mencari rekan bisnis bagai mencari jarum dalam jerami. Sulit, tetapi tidak mustahil. Sebelum Anda tergesa-gesa memilih seseorang untuk menjadi partner bisnis Anda, ada baiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut sebagai beberapa kriteria untuk mendapatkan partner bisnis yang ideal—setidaknya menurut Anda.

Kompetensi berbeda

Menjalankan bisnis itu perlu lebih dari satu pikiran. Semakin banyak ide dan gagasan, semakin “kaya” warna bisnis Anda. Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan untuk mencari partner, carilah yang memiliki kompetensi yang berbeda dari Anda. Misalnya, Anda memiliki kompetensi dalam hal manajemen dan keuangan, berarti Anda perlu mencari partner yang ahli di bidang promosi dan publikasi. Atau yang memiliki pengalaman dalam hal branding sebuah produk atau jasa.

Carilah partner yang bisa melengkapi misi Anda hingga nantinya Anda bisa berbagi tugas dengannya.

Lihai mengambil keputusan

Partner yang bisa mengambil keputusan adalah sebuah kemutlakan. Mengapa? Anda dan partner nantinya akan saling menggantikan. Akan ada masa-masa genting di mana salah satu di antara Anda harus mengambil keputusan dengan cepat tanpa sempat meminta persetujuan rekannya. Kemampuan analisis dan keberanian mengambil keputusan ini harus dimiliki oleh rekan Anda agar nantinya seluruh keputusan tak hanya berpusat pada Anda.

Dapat diandalkan

Tak ada yang bisa membantah bahwa partner kerja/bisnis haruslah saling mendukung, saling mengandalkan. Ketika Anda sedang sibuk mengurusi laporan keuangan tahunan, partner Anda semestinya tetap bisa menjalankan perannya untuk melakukan promosi di social media dalam rangka menyambut liburan akhir tahun. Partner yang cekatan dan memiliki inisiatif tinggi akan meringankan bebanmu dan membuatmu merasa aman dan percaya 100 persen kepadanya.

Sigit, warga Prominent, memilih berbisnis web design bersama kakaknya, Raymond. Sigit melihat bahwa mereka memiliki banyak kecocokan. Selama ini, dia bisa mengandalkan Raymond dalam segala hal, khususnya ketika dia sedang tidak available. “Raymond dan saya punya skill berbeda, tetapi kami bisa saling menggantikan. Ketika saya harus handle pekerjaan lain, Raymond yang akan me-maintain web yang sedang kamu dalam tahap Beta. Begitu juga sebaliknya,” ujarnya.

Memiliki selera yang sama

Berpartner tak berarti melulu mengurusi hal-hal serius. Berpartner berarti bisa berteman juga. Oleh karena itu, memiliki partner yang asyik juga menjadi salah satu poin menyenangkan. Ketika semua pekerjaan selesai, Anda dan partner bisa menghabiskan waktu bersama untuk melakukan hobi, misalnya olahraga bareng atau menghadiri konser bersama.

Memiliki partner dengan visi dan misi yang sama juga akan membuat Anda semakin mudah untuk memetakan tujuan dan arah bisnis Anda ke depannya.

Penulis: Krista Rai

Foto: Rawpixel/Pixabay

Follow Instagram @etalaseserpong