5 Fakta tentang Bahan Suede yang Harus Kamu Ketahui

4277

Dalam hal bergaya, tiap orang punya preferensinya masing-masing. Ada yang gemar bergaya formal dengan kemeja dan sepatu pantofel berbahan kulit. Ada yang sebaliknya, sangat suka bergaya kasual, dengan sepatu sneakers, jeans, dan kaos oblong. Mereka yang gemar bergaya kasual ini biasanya tetap dihadapkan pada kondisi yang membuat mereka harus tampil agak formal. Namun, biasanya orang-orang tipe kasual tak mau “melepaskan” kekasualannya begitu saja. Walau berusaha tampil formal, biasanya mereka tetap mempertahankan gaya simpel dan santai.

Nah, jika bahan kanvas kurang menghadirkan kesan kasual, kamu bisa melirik sepatu berbahan suede. Bahan ini merupakan bagian dalam kulit yang disamak sehingga teksturnya mirip beludru, terasa lembut dan halus. Bahan ini biasanya menjadi pilihan mereka yang mencari sepatu bergaya mix formal dan kasual.

Jika kamu mempertimbangkan memiliki sepatu berbahan suede—atau bahkan sudah memilikinya, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang bahan ini.

Antiair

Sepatu berbahan suede merupakan salah satu bahan yang antiair! Tapi, bukan antiair seperti waterproof, tetapi bahan yang benar-benar anti dengan air alias tidak boleh terkena air! Jadi, jagalah sepatumu agar tidak sampai terkena percikan, cipratan lumpur, apalagi kehujanan parah! Bahan suede termasuk bahan sensitif yang jika terkena air bisa merusak teksturnya yang khas.

Mudah kotor

Tekstur bahan suede yang halus dan lembut membuat partikel apa pun mudah sekali menempel padanya. Misalnya, debu, lumpur, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, cukup banyak pemilik sepatu suede yang mengeluhkan sepatu mereka cepat sekali menjadi kotor ketiga “diajak” berkelana ke jalanan.

Harga terjangkau

Jika kamu ingin memiliki sepatu bergaya elegan, tetapi tak ingin mengeluarkan dana cukup banyak untuk membeli sepatu kulit asli, kamu bisa mempertimbangkan sepatu berbahan suede. Jika dibandingkan sepatu dengan genuine leather, tentu sepatu suede memiliki harga yang good deal.

Nyaman di kaki

Bahan suede memiliki tekstur yang tipis dan elastis. Jika digunakan di kaki, bahan ini akan mengikuti gerakan kaki yang meminimalisasi lecet yang biasanya terjadi pada sepatu berbahan kulit.

Sirkulasi udara yang baik

Bahan suede memiliki pori-pori yang lebih besar dibandingkan bahan kulit. Oleh karena itu, ketika mengenakan sepatu berbahan suede, kakimu tak akan merasa sumpek dan gerah. Hal ini karena pori-pori bahan suede yang cukup besar sehingga memungkinkan terjadinya pergantian udara di dalam sepatu. Kakimu pun tak akan kekurangan oksigen yang biasanya menjadi salah satu alasan bau kaki.

Penulis: Krista Rai

Foto: Epicantus/Pixabay

Follow instagram