6 Cara Merawat Furnitur Rotan

120

Rotan menjadi opsi untuk menggantikan bahan kayu yang harganya cukup mahal. Oleh karena itu, perabotan berbahan rotan selalu populer dan tak lekang waktu. Saat ini, furnitur berbahan rotan memiliki varian desain yang semakin beragam, membuatnya menarik untuk dijadikan pemanis dalam maupun luar ruangan.

Walau furnitur rotan tampaknya tahan banting dan awet, Anda tetap harus melakukan perawatan berkala agar warnanya tetap terjaga dan terhindar dari serangan jamur. Ikuti beberapa tips berikut agar furnitur rotan Anda tetap kinclong.

Bersihkan secara berkala

Furnitur rotan mudah menyimpan debu, khususnya yang memang diletakkan di bagian luar rumah. Oleh karena itu, perlu membersihkannya secara berkala. Idealnya, bersihkan furnitur rotan seminggu sekali. Gunakan lap kering untuk menyingkirkan debu yang mulai menumpuk. Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner yang dilengkapi sikat.

Hindarkan dari sinar matahari langsung

Bahan rotan bisa mudah retak jika berada di lingkungan yang sangat kering. Oleh karena itu, hindarkan terkena sinar matahari langsung karena akan membua catnya memudar dan beberapa bagiannya retak dan pecah-pecah di kemudian hari. Jika memang Anda ingin meletakkan furnitur rotan di luar ruangan, pastikan tertutup atap dan tidak terkena paparan matahari langsung.

Jika memang furnitur rotan Anda sudah terlanjur terpapar matahari, ada baiknya memutar posisinya sehingga seluruh bagian rotan terkena sinar matahari secara merata. Hal ini untuk meratakan pemudaran warna.

Hindarkan dari air

Jika Anda ingin perabotan rotan awet, hindarkan dari guyuran air. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan furnitur rotan di bawah atap yang melindunginya dari air hujan. Kondisi yang paling baik untuk perabotan rotan adalah suhu sejuk, yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembab. Jadi, jika kondisi ruangan terlalu kering, Anda bisa melembabkan ruangan menggunakan humidifier.

Tangani jamur sesegera mungkin

Menemukan bercak-bercak jamur di perabotan rotan Anda? Bisa jadi karena ruangan terlalu lembab. Anda bisa “mengobatinya” dengan cara membuat larutan spray. Anda bisa membuat larutan menggunakan pemutih pakaian dan menyemprotkan pada bagian yang terkena jamur. Setelah itu, segera keringkan hingga tuntas untuk menghindari perabotan menjadi semakin rapuh.

Berikan cairan antirayap

Rotan sama dengan kayu, disukai oleh rayap. Oleh karena itu, Anda harus merawatnya agar tak dihinggapi rayap. Salah satu caranya dengan membuat larutan campuran kamper dan minyak tanah. Semprotkan pada seluruh permukaan rotan. Diamkan sejenak, kemudian bersihkan menggunakan kain kering. Jika furnitur sudah terlanjur digerogoti rayap, Anda bisa menyemprotkannya pada bagian yang sudah berlubang.

Minyaki dengan cairan khusus

Apakah furnitur rotan Anda sudah mulai pecah-pecah? Anda bisa menghindarkan agar kondisi itu tidak meluas dengan meminyaki perabotan menggunakan minyak biji rami. Oleskan ke seluruh permukaan furnitur untuk memberikan kelembaban bagi serat-serat rotan.

Penulis: Krista Rai

Foto: JamesDeMers/Pixabay

Follow Instagram @etalaseserpong