7 Olahraga Ini Bisa Membakar Lemak dengan Cepat, Lho!

29

Olahraga bukan hanya sebuah kewajiban, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Di zaman now, semakin banyak orang yang mendaftarkan diri di gym-gym ternama untuk melakukan olah tubuh. Diawali dari sekadar mengikuti tren, seseorang bisa benar-benar mendapatkan pola hidup sehat dengan rutin bergerak!

Nah, jika saat ini Anda memang sedang dalam program menurunkan berat badan—bukannya hanya ingin ikut-ikutan tren, Anda harus tahu jenis olahraga apa saja yang akan membantu tubuh Anda membakar lemak dengan optimal.

Badminton

Olahraga sejuta umat ini memang sangat menarik. Dikemas dalam bentuk permainan, banyak orang yang sangat senang melakukan olahraga ini. Anda bisa melakukan aktivitas bermain badminton bersama keluarga dan sahabat setidaknya tiga kali seminggu. Olahraga badminton sangat efektif untuk program penurunan berat badan. Dengan berolahraga badminton, Anda bisa membakar setidaknya 300 kalori dalam 30 menit. Badminton juga melatih tubuh untuk melakukan kardiorespirasi, membangun kekuatan otot, serta mempertahankan daya tahan tubuh. Terbiasa melakukan olahraga ini juga melatih ketangkasan dan kecepatan gerak tubuh.

Berenang

Banyak orang yang urung berolahraga karena malas merasakan keringat yang membasahi tubuh. Jika Anda salah satu di antara orang-orang tersebut, Anda bisa memilih olahraga berenang. Olahraga ini juga sama menyenangkan karena membuat Anda “sibuk” bergerak di air. Dalam waktu satu jam, Anda bisa membakar sekitar 800 kalori, lho!

Sammy, mahasiswa SGU, menceritakan kesenangannya akan berenang. “Saya suka banget berenang. Saya bisa berenang lebih dari tiga kali per minggu kalau sedang tidak sibuk kuliah. Rasanya seperti stress reliever. Saya juga berhasil menurunkan berat badan sampai 3 kilo tahun lalu karena berenang ini…”

Zumba

Bosan dengan gerakan senam yang tidak “menantang”? Anda bisa mencoba Zumba. Olahraga ini sangat populer di kalangan ibu muda karena memiliki gerakan yang lebih dinamis dan fun. Menariknya lagi, sangat efektif dalam mengecilkan bentuk pinggang dan menurunkan berat badan!

Ketika Anda melakukan gerakan Zumba selama satu jam, Anda sudah membakar lemak sekitar 600 kalori. Hhmm, angka yang fantastis untuk gerakan olahraga yang sangat fun!

Yoga

Berbeda dengan Zumba, yoga tidak mengajak pesertanya untuk bergerak dinamis. Justru olahraga ini mengajarkan cara untuk fokus terhadap diri, bermeditasi, dan “mendorong” tubuh untuk melampaui kemampuannya.

Semua gerakan yoga memiliki makna dan manfaat. Walau terlihat tenang dan tidak ada gerakan intens, melakukan gerakan yoga juga memeras keringat, lho. Kekuatan otot dan pemusatan pikiran dilatih di sini sehingga tanpa sadar Anda akan mengalami keringatan yang luar biasa!

Yoga juga dipercaya bisa membantu seseorang untuk mengatasi stres, depresi, dan kejenuhan yang sedang dihadapi.

Bersepeda

Berolahraga sambil menikmati pemandangan, mengapa tidak? Bersepeda menjadi pilihan olahraga yang murah meriah, lho! Anda bisa melakukan kegiatan bersepeda rutin bersama keluarga di akhir pekan. Aktivitas menyenangkan ini ternyata sangat efektif dalam hal membakar lemak. Bersepeda selama satu jam akan membakar kalori sebanyak 850 hingga 1.000 kalori!

Senam aerobik

Tak punya waktu untuk berkutat di pusat kebugaran dan hanya ada jadwal senam aerobik di dalam kompleks perumahan? Jangan ciut! Ambil bagian dalam senam aerobic berkala yang diselenggarakan lingkungan Anda karena senam ini banyak manfaatnya.

Melakukan senam aerobik selama satu jam dengan intensitas sedang bisa membantu tubuh membakar lemak sebanyak 330 kalori. Menariknya, gerakan senam ini kebanyakan sudah pernah kita pelajari sehingga tingkat kesulitannya tergolong rendah.

Hula hoop

“permainan” yang satu ini sebenarnya bukan masuk ke dalam kategori olahraga murni. Bermain hula hoop ini memiliki “efek samping” mengecilnya lingkar pinggang Anda, lho! Selain itu, rutin berlatih hula hoop akan membuat otot perut, punggung, dan pinggang akan terbentuk dan menghasilkan pinggang dan perut yang sesuai idaman.

Setiap menit, Anda bisa membakar sekitar 7 kalori. Jika Anda melakukan aktivitas ini selama 30 menit, berarti Anda sudah membakar 210 menit!

Nah, kira-kira, Anda akan memulai dari olahraga yang mana? Selamat berjuang dalam menurunkan berat badan!

Penulis: Krista Rai

Foto: Yanalya/Freepik

Follow Instagram @etalaseserpong