8 Pilihan Jurusan Kuliah yang Unik

51

Saat sedang mencari jurusan yang tepat untuk kamu geluti selama minimal 4 tahun, kamu melakukan serangkaian proses. Mulai dari mengikuti tes minat dan bakat, berdiskusi intens dengan guru dan orang tua, sampai melakukan riset melalui internet.

Biasanya, pemilihan jurusan kuliah juga tak bisa lepas dari jaminan karier di masa depan. Kita cenderung akan memilih jurusan yang jelas prospeknya. Nah, di beberapa universitas, ada, lho, jurusan yang sangat spesifik dan terdengar sangat unik. Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Bisnis dan Teknologi Penyelaman

Pernahkah kamu berpikir untuk menggeluti bidang penyelaman? Jika ya, kamu bisa melirik jurusan ini. Mahasiswa jurusan ini belajar mengenai manajemen bisnis penyelaman, penyelamatan dalam penyelaman darurat. Jika kamu tertarik menjadi peneliti bawah air atau fotografer bawah air, jurusan ini juga pas untukmu.

Saat ini, jurusan ini baru ada di Florida Keys Community College.

Seni Komik

Di era-era sebelumnya, tiap orang yang memiliki bakat menggambar diarahkan untuk mengambil jurusan arsitektur. Sekarang, ada pilihan lain yang lebih fun. Khusus untuk kamu yang suka menggambar komik, kamu bisa mengambil jurusan Seni Komik. Jurusan ini baru ada di Minneapolis College of Art and Design. Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai illustrator hingga penerbit komik.

Ilmu Sains Olahraga dan Gerak

Kamu suka sekali olahraga, tapi apakah ada jurusan untuk mereka yang menyukai olahraga? Jawabannya: tentu ada! Lewis University merupakan salah satu yang menyediakan jurusan ini. Mahasiswa akan belajar tentang ilmu gerakan senam, biomekanik, perilaku motorik, fisiologi olahraga, dan lain sebagainya.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai pelatih olahraga, ahli gisi, pelatih kebugaran dan lain sebagainya.

Ilmu Pandai Besi

Universitas Southern Illinois memiliki jurusan yang cukup unik ini. Mahasiswanya akan belajar mengenai cara meningkatkan nilai estetika dari barang-barang berbahan logam.

Ilmu Pewayangan

Kebanyakan universitas di Indonesia hanya menyediakan mata kuliah tentang pewayangan. Namun, Connecticut University menyediakan satu jurusan khusus yang mempelajari tentang seni boneka. Lalu, apa yang bisa kamu kerjakan selepas dari universitas ini? Kamu bisa berkecimpung di dunia pemrograman film, pewayanan boneka, dan teatrikal.

Ilmu Studi Seksualitas

Kalau kamu tipe orang yang mau dan rela membantu orang lain dan memberikan info baik, mengapa kamu tidak memilih jurusan yang ada kaitannya dengan komunitas dan banyak hal seru ini? Kamu akan belajar mengenai histori, politik, sosial, biologi, kultur, dan lain sebagainya.

Studi Bencana (Holocaust Studies)

Jurusan ini menawarkan mahasiswanya untuk menjadi ahli bencana. Pembelajarannya, yaitu sejarah genosida dan bencana lainnya. Lulusan jurusan ini tentu akan sangat ahli dalam bidang ini dan jika memungkinkan, bisa menjadi peacemaker di sekolah.

Nah, jurusan mana yang kira-kira cocok untukmu?

Penulis: Krista Rai

Foto: Jcomp/Freepik

Follow Instagram @etalaseserpong