Indonesia Off-road Expedition 2023 Selesai, Ini Dia Hasilnya

Setelah 14 hari penuh peserta menjalani off-road di IOX 2023 PALA (Pagar Alam-Lampung) sejak start 7 Mei, tercatat hanya 49 dari 51 peserta yang sukses memasuki gerbang finis di depan lobby Grand Elty Krakatoa Resort, Kalianda, Lampung. Dua peserta gagal finis.

Pada pukul 15.00 WIB, peserta yang duduk di kap mesin kendaraannya masing-masing, satu persatu memasuki gerbang finis yang dikemudikan oleh salah satu kru kendaraan peserta. Terlihat wajah ceria dan bahagia berhasil finis setelah medan off-road yang ekstrim.

Seluruh peserta yang memasuki gerbang finis satu persatu di kalungi secara bergantian oleh Danrem 043 Garuda Hitam, Lampung Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, Wakil Bupati Way Kanan Lampung yang sekaligus Ketua Indonesia Off-road Federation (IOF) Pengda Lampung Ali Rahman, Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin dan Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Inf Fajar Akhirudin.

Turut terlibat juga dalam pengalungan medali IOX kepada peserta Ketua Umum IOX Sri Hascaryo, Ketua Panitia IOX 2023 PALA yang sekaligus Walikota Pagar Alam Alfian “Piuk” Maskoni, Anggota DPRD Sumsel H. Saifudin Aswari Riva’I, Team Leader, dan Pengurus IOX lainnya.

Seluruh peserta, tim media dan tim service car serta kendaraan official panitia, terlihat gembira karena medali IOX memang tidak mudah didapatkan.

Baca juga: IOX 2023: Usai Digenjot di Lumpur, Peserta ‘Isi Bensin’ di Baturaja

Grand Diner dan Pembagian Award

Acara IOX 2023 PALA ditutup dengan Gala Diner yang diselenggarakan di tepi pantai Grand Elty Krakatoa Resort, Kalianda, Lampung, dengan acara makan malam, pembagian award, dan acara mengenang almarhum Syamsir Alam, tokoh legendaris off-road di Indonesia, yang juga pendiri dari IOF dan IOX.

Setelah diner, hadirin disajikan narasi dan video singkat tentang Almarhum Syamsir Alam. Terlihat beberapa hadirin tidak bisa menahan haru mengingat saat kenangan bersama Syamsir Alam, yang wafat pada 12 Mei 2022, saat baru menyelesaikan survey event off-road besar.

Dalam sambutannya, Ketua Umum IOX, Sri Hascaryo, bersyukur bahwa event tahunan IOX 2023 PALA tetap bisa berjalan dengan standard IOX setelah tiadanya Almarhum Syamsir Alam.

Baca juga: IOX 2023 PALA Jalan 4 Hari, Banyak Peserta Berguguran

“Saya sempat khawatir siapa yang akan mempersiapkan route dan track off-road IOX?, Alhamdulilah event IOX 2023 PALA bisa berjalan sesuai standard IOX selama ini” kata pria yang akrab disapa Yoyok itu dalam rilis kepada detikSport.

Usai sambutan, Yoyok dan seluruh peserta menyampaikan terima kasih kepada Alpian Piuk selaku Ketua Panitia IOX 2023 PALA, dengan cara membungkukkan badan di depannya.

Sudah menjadi tradisi setiap selesai IOX bakal dilakukan penilaian atas peserta. Tim Penilai yang terdiri dari Master Track, Safety Officer, Team Leader dan Team Media, bersama sama menilai peserta, baik secara perorangan maupun tim.

Adapun peserta yang berhasil meraih award bergengsi IOX untuk kategori perorangan adalah Ahmad Nur dengan nomor pintu 348 dari Tim Jalak Hitam sebagai The Best Rookie (peserta baru). Murad dari Tim Badak dengan nomor pintu 358 sebagai The Best Navigator. Terakhir ada Tjong Candra dengan nomor pintu 033 dari Tim Harimau sebagai The Best Driver.

Untuk kategori Tim, pemenang award IOX adalah Tim Alap-Alap Macan sebagai The Junggle Team; Tim Elang Putih sebagai The Most Helpful Team; Team Leader sebagai The Best Green Team; Tim Harimau Sumatera sebagai The Best Crew dan Tim Badak sebagai The Best Team.

Untuk mengenang jasa almarhum Syamsir Alam, mulai tahun ini Panitia menyedikan piala bergilir Syamsir Alam, yang diberikan kepada Tim Terbaik. Untuk event IOX 2023 PALA, Syamsir Alam Award jatuh kepada Tim Badak, yang sejak lama menjadi langganan pemenang sebagai The Best Team karena kedisiplinan dan kekompakan seluruh crew Tim ini.

Sditanya lokasi off-road berikutnya, Yoyok belum bisa memberikan informasi route atau track event IOX 2024.

“Biasanya seluruh pengurus dan anggota IOX akan melakukan meeting untuk bersama-sama memutuskan lokasi event off-road IOX berikutnya.”

Baca juga: Indonesia Off-road Expedition 2023 Dimulai, dari Pagar Alam ke Kalianda