Apa Pentingnya Les Coding Buat Anak?

56
Membekali anak ilmu coding agar melek teknologi.

Kini sudah banyak anak-anak yang mengikuti les coding. Atau disebut pula bahasa komputer. Khususnya di kota-kota besar. Namun, seberapa besar pentingnya les coding untuk anak-anak?

Adapun aktivitas les coding berkutat tentang cara memerintah pada komputer, ponsel, aplikasi, atau website untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan kita. Ada yang diarahkan untuk membuat gambar animasi, menciptakan suatu aplikasi dengan kegunaan khusus, dan sebagainya. Banyak pakar komputer menilai saat ini coding sebagai bahasa baru yang perlu dikuasai oleh anak-anak.

Baca juga: Aturan Main Gadget Untuk Anak

Lantas, pada usia berapa anak bisa memulai les? Tidak ada syarat khusus. Hanya saja disarankan untuk anak yang sudah terbiasa memegang dan akrab dengan gawai. Serta telah lancar menulis maupun membaca. Hal ini guna memudahkan anak mengendalikan dan menerjemahkan keinginannya selama proses belajar.

Jadi, siapa tahu bagi Anda orang tua yang sangat kerepotan dengan kecanduan anak memegang gawai seharian, bisa mengalihkannya ke hal yang lebih positif. Seperti les coding ini. Mengarahkan kesukaan anak sembari meraih manfaat yang lebih besar.

Computational thinking

Manfaat pertama adalah melatih pemikiran komputasional atau computational thinking. Yakni berpikir secara logis dan terstruktur. Juga melatih daya pikir dalam memahami algoritma matematika untuk menyelesaikan masalah.

Misalnya, saat anak menghadapi suatu soal atau problem dalam dunia perkomputeran, maka ada langkah-langkah bagaimana menyelesaikannya. Melatih step by step yang secara tidak langsung juga mengajak mereka untuk selalu teliti, sabar, dan akurat di tiap langkah.

Menumbuhkan kreativitas

Tapi meski terkesan sudah terarah, les coding juga membuat anak terbiasa kreatif. Sebab untuk menciptakan sesuatu atau menyelesaikan suatu soal tidak hanya dengan satu cara. Anak boleh memilih berbagai cara sesuai kenyamanannya.

Sangat mungkin anak menjadi pelopor menemukan cara terkini yang belum pernah dilakukan siapapun. Dan menariknya dari les coding, kreativitas anak yang kian terasah lebih membekali mereka untuk lebih percaya diri, membuat berbagai solusi, menciptakan banyak kemungkinan, serta sejenisnya.

Baca juga: Perlu Diketahui Orang Tua Saat Memberikan Gadget Pada Anak

Belajar untuk salah dan solusi

Karena itu, anak tak usah takut salah. Les coding memberikan kesempatan besar dalam belajar. Ketika salah, selalu ada cara untuk memperbaiki. Trial and error yang menuntun mereka lebih mawas dalam mengambil tindakan dan menentukan opsi untuk suatu persoalan.

Membuka kesempatan besar

Les coding juga menjawab tantangan di masa mendatang. Di mana nantinya teknologi menjadi kemampuan dasar yang wajib dikuasai oleh siapapun. Terutama anak-anak sekarang yang nanti akan menjadi pekerja aktif di usia dewasa. Mereka lebih siap menyambut dinamika dalam sisi profesi, perkembangan teknologi secara global dan tetap berdaya nan mudah menyesuaikan diri di segala situasi.

Baca juga: Profesi Yang Diprediksi Bakal Ada Di Masa Depan

Melek teknologi

Satu lagi, ialah membuat anak melek teknologi. Tak hanya memanfaatkan gawai dan komputer sekadar ladang bermain online. Tapi lebih dari itu, mengerti seluk beluk, kegunaan, dan mendalami literasi digital. Bukan melulu menjadi objek, namun subjek yang memahami dan cerdas memanfaatkan untuk kehidupan yang lebih sejahtera. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow instagram: @etalaseserpong