Apa Sih Manfaat dari Program Magang?

55
Kerja magang memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa.

Istilah magang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat. Program kerja yang ditawarkan oleh berbagai perusahan terutama untuk mahasiswa tingkat akhir ini bisa digunakan sebagai bahan penelitian skripsi sekaligus meningkatkan softskill yang tak bisa didapatkan di kelas. Tak jarang perusahaan memberikan tunjangan dan upah yang cukup besar bagi pekerja magang. 

Selain mendapatkan keuntungan berupa uang, mahasiswa juga bisa mendapatkan pengalaman kerja yang bisa dicantumkan di dalam resume sebagai tolak ukur perusahaan ketika ingin merekrut dirimu kelak. Seperti yang dikutip dari fremont.edu, mencari pekerjaan bisa menjadi malapetaka jika seseorang tidak memiliki satu pun pengalaman kerja. Saat ini perusahaan lebih memilih mereka yang pernah bekerja baik sebagai karyawan tetap mau pun pekerja magang untuk meminimalisir kesalahan.

Mudah mendapatkan kerja

Perusahaan tentunya akan lebih memilih mereka yang memang memiliki kelebihan tersendiri. Bisa jadi berupa soft skill tambahan atau jam terbang yang tinggi. Maka, penting bagi kamu untuk mengambil progam magang di berbagai perusahaan selama masa kuliah agar tidak kesulitan melamar pekerjaan setelah lulus nanti.

Sudah terbiasa dengan kerja profesional

Meskipun beberapa perusahaan memiliki program management trainee bagi karyawan baru untuk penyesuaian pola kerja, tentunya HRD akan lebih melirik mereka yang sudah terbiasa bekerja secara profesional. Memasuki dunia kerja yang sesungguhnya memang menuntutmu untuk serba cepat dan efisien. Perusahaan tidak memiliki banyak waktu untuk “melatih” karyawan baru.

Banyak jaringan kerja

Kamu tidak berencana untuk kerja di kantor setelah lulus kuliah? Tidak masalah! Siapa tahu kamu mau buka usaha sendiri. Kamu justru bisa memanfaatkan program magang ini untuk menambah jaringan. Kantor tentunya memiliki banyak karyawan dengan karakter dan minat yang berbeda. Memperluas pergaulan di dunia pekerjaan akan memudahkanmu meraih cita-cita karena dikelilingi oleh para kolega yang profesional di bidangnya masing-masing.

Uang tambahan

Enggak rugi kok kalau kamu mengikuti program magang di masa kuliah. Memang sih kamu jadi lebih sibuk dan kelelahan jika dibandingkan dengan teman-temanmu. Namun, seiring bertambahnya usia, tentu saja kebutuhanmu akan jauh lebih banyak. Mengikuti program magang ibarat menambah pengalaman sembari mendapatkan uang saku tambahan.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ StartupStockPhotos

Follow instagram: @etalaseserpong