Apa Sih Perbedaan Serum dan Pelembap?

89
Serum dan pelembap memiliki tugasnya tersendiri dalam merawat kulit.

Tidak dapat dipugkiri, penggunaan skin caresaat ini menjadi rutinitas yang wajib dilakukan jika ingin memiliki kulit yang sehat dan awet muda. Untuk merawat kulit, kamu tentunya memerlukan rangkaian produk yang akan digunakan secara bertahap baik di pagi hari mau pun di malam hari. Dua produk yang populer untuk menjaga kesehatan kulit adalah serum dan pelembap.

Sayangnya masih banyak orang yang menganggap beberapa produk memiliki fungsi yang sama seperti serum dan pelembap. Padahal kamu wajib mengetahui perbedaan fungsi dari produk skin care yang kamu miliki agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Mengutip dari byrdie.com, pada dasarnya serum dan pelembap berperan penting dalam menjaga elastisitas kulit. Tetapi ada beberapa perbedaan mendasar dalam kandungan nutrisinya. Penasaran?

Tekstur

Perbedaan keduanya sudah dapat dilihat dari tekstur. Serum memiliki tekstur yang lebih cair dan ringan sehingga lebih cepat diserap oleh kulit. Sedangkat untuk pelembap, teksturnya lebih padat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk diserap oleh kulit.

Menutrisi bagian kulit yang berbeda

Meskipun sama-sama memiliki peran untuk menutrisi kulit wajah, ternyata “target” lokasi yang dimiliki keduanya berbeda. Dengan teksturnya yang ringan, serum mampu masuk hingga ke lapisan terdalam. Biasanya serum digunakan untuk memperbaiki jaringan-jaringan kulit yang rusak akibat jerawat dan masalah kulit lain. Pelembap fokus melindungi kulit bagian luar hingga ke lapisan epidermis saja. Kamu bisa membantu kerja sunscreen dengan menggunakan pelembap agar kulit wajah memiliki double protection terhadap debu dan sinar matahari.

 Memperbaiki skin barrier

Baik pelembap mau pun serum memang sama-sama bertugas menutrisi, melindungi dan memperbaiki skin barrier yang telah mengalami kerusakan akibat dari berbagai faktor. Namun, serum bekerja dari dalam sedangkan pelembap bertugas sebagai garda terdepan. Mengingat saat ini sinar UV sudah semakin jahat, sebaiknya kamu menggunakan pelembap setiap hari demi melindungi kesehatan kulit wajah.

 Digunakan bersama

Skin barrier merupakan lapisan kulit wajah tipis yang sangat rentan mengalami kerusakan. Kamu butuh perawatan dari serum dan pelembap untuk menjaga skin barrier. Serum dan pelembap bisa digunakan bersama dengan mengikuti aturan tahapan sesuai anjuran dokter kulit. Serum dapat menutrisi kulit dari dalam secara maksimal karena partikel di dalamnya dilindungi dan dikunci oleh pelembap dari luar.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ AdoreBeautyNZ

Follow Instagram: @etalaseserpong