Apa yang Harus Dilakukan Ketika Tetangga Terpapar Covid-19?

92
Perketat protokol kesehatan ketika ada tetangga terpapar Covid-19.

Pemerintah tak henti menyampaikan informasi terkait jumlah kasus positif Covid-19 yang terus meningkat, namun angka korban yang berhasil sembuh pun terus meningkat meskipun Indonesia harus menjalani PPKM darurat terlebih dahulu. Saat ini banyak rumah sakit yang sudah tidak bisa lagi menampung pasien baru sehingga banyak korban Covid-19 yang akhirnya harus isoman di rumah sendiri dengan alat seadanya. Jangan khawatir, SATGAS setempat akan terus memantau dan memberikan arahan agar lingkungan yang terdapat pasien isoman tetap aman terkendali.

Baik SATGAS, ketua RT dan RW, serta warganya sendiri memang harus saling bekerja sama di masa genting seperti ini. Jangan panik ketika ada tetangga yang terpapar Covid-19 karena jika anda mengikuti protokol kesehatan dengan disiplin, virus corona tidak mudah menyebar kemana-mana. Lantas, apa yang harus anda lakukan ketika ada tetangga yang isoman?

Protokol 5M meski di dalam rumah

Jika selama ini anda dan sekeluarga melepas masker di dalam rumah, ketika ada tetangga yang terkena Covid-19 anda wajib menggunakan masker meskipun sedang berada di rumah saja. Menurut laman covid19.go.id, protokol 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi interaksi harus dilakukan meskipun dengan anggota keluarga sendiri.

Berjaga jarak

Batasi interaksi sosial dengan warga sekitar termasuk ke tetangga sebelah rumah. Meskipun jarak rumah Anda dengan tetangga yang isoman cukup jauh, Anda tetap mungkin bisa terpapar Covid-19 jika tidak menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Untuk sementara hindari kerumunan dengan warga dan sebisa mungkin untuk tetap berada di dalam rumah. Anda dan anggota keluarga yang lain juga wajib berjaga jarak meskipun tinggal di rumah yang sama.

Lapor ke SATGAS

Jika ada tetangga yang terpapar Covid-19, baik ketua RT dan RW mau pun warga sekitar wajib melapor ke SATGAS setempat. Laporan ini sangat membantu SATGAS dan pemerintah dalam memantau sejauh mana rantai penyebaran Covid-19 di sejumlah daerah.

 Tinggikan rasa empati

Jangan mengucilkan tetangga yang terpapar Covid-19 yang terpaksa isolasi mandiri di dalam rumah. Di masa pandemi seperti ini, Anda dan para warga lainnya sebaiknya meninggikan rasa empati dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Saling kirim bantuan makanan dan vitamin kepada tetangga yang terpapar adalah bentuk rasa kekeluargaan yang erat.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: rottonara

Follow Instagram: @etalaseserpong