Apakah Kamu Kesulitan Melepaskan Mantan? Ternyata Ini Penyebabnya!

20
Terlalu berpegang pada masa lalu tidak baik bagi masa depan.

Cinta memang buta dan datang tanpa disangka. Ketika kamu sudah melabuhkan hati kepada seseorang, sulit rasanya untuk melepaskan hubungan yang sudah terjalin lama meskipun dalam beberapa peristiwa, pasanganmu ternyata melakukan hal-hal yang tidak bisa ditoleransi. 

Mengutip dari psychologytoday.com, tidak ada gunanya mempertahankan hubungan yang tidak memiliki masa depan. Kamu hanya hidup sekali, jadi jangan pernah sia-siakan waktu untuk orang yang salah. Anggapan bahwa hubungan yang berjalan sudah cukup lama sehingga sayang untuk diakhiri merupakan salah satu alasan kamu mungkin sulit melepaskan si doi. Bahkan setelah putus pun kamu malah tidak bisa pergi dari bayangannya. Kalau sudah begini sih repot bund…

Trauma masa kecil

Ternyata mencintai diri sendiri sebelum akhirnya menjalin hubungan asmara dengan orang lain memiliki pernanan yang sangat penting. Semua orang berangkat dari latar belakang yang berbeda. Mereka yang beruntung dan tidak pernah mengalami trauma masa kecil besar kemungkinannya untuk langsung sukses dalam hal asmara. Berbeda dengan mereka yang mengalami perlakuan buruk di masa kecil. Ketika akhirnya menjalin hubungan dengan seseorang, akan sulit jika di kemudian hari hubungan tersebut harus berakhir.  Untuk menjalin hubungan dengan seseorang saja mereka memerlukan waktu yang cukup lama untuk memberikan hati dan kepercayaannya.

Insecure

Merasa hanya si mantan yang bisa menerima kekuranganmu, akhirnya malah jadi gagal move on dan berharap bisa balikan dengan doi. Salah satu penyebab seseorang sangat sulit melepaskan mantannya adalah kurangnya rasa percaya diri. Kamu mungkin merasa hanya mantanmu yang mampu mencintaimu dengan tulus sehingga enggan mengakhiri hubungan meskipun hubungan tersebut sebenarnya sudah tidak bisa dilanjutkan lagi karena banyak faktor.

Merasa mantan bisa mengangkat status sosial

Selama ini kamu selalu mendapatkan pasangan yang biasa-biasa saja. Sampai akhirnya kamu mendapatkan pasangan yang dianggap bisa mengangkat status sosialmu. Akhirnya kamu tidak bisa melepaskan dia dan terpaksa menerima apapun perlakuan buruk yang dilakukan dirinya terhadap kamu. Hanya karena gengsi kamu malah tersiksa.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto Ilustrasi: Pixabay/sasint

Follow Instagram: @etalaseserpong