Apakah New Normal Satu-Satunya Jalan Keluar?

74
Hidup tetap harus berjalan meskipun virus corona belum ditaklukan.

Istilah “New Normal” memang belakangan ini sedang terngiang di telinga kita. Merujuk dari pandemik yang tak kunjung reda, sepertinya kita memang harus menerima “gaya hidup” baru yang membuat kita mengikuti “protocol” serba bersih dan diam di rumah saja. Kamu harus bersiap-siap karena mungkin mulai sekarang kita harus hidup dengan menggunakan masker, disinfektan, dan alat lain yang mampu membunuh virus.

WHO sendiri mengatakan bahwa New Normal merupakan masa transisi di mana pemerintah akhirnya membuka kembali sektor sosial dan ekonomi meskipun belum ada kepastian mengenai pengendalian virus corona.

“Takut dan khawatir ya tentunya ketika mendengar isu the new normal ini. Pemerintah juga mengajak kita untuk berdamai dengan corona dan hidup seperti biasanya. Di titik ini kita enggak tahu siapa yang kena, siapa yang kalah, dan siapa yang bertahan. Mengerikan,” ujar Putu selaku warga Gading Serpong.

Seperti yang dikutip melalui mojok.co, pandemik ini membuat masyarakat di seluruh dunia terpaksa memberlakukan physical distancing dan work from home. Tentunya keadaan ekonomi dunia pun berubah drastis. Ada banyak lapangan pekerjaan yang “terpaksa” hilang karena pemangakasan sumber daya manusia di lapangan. Vaksin disebut-sebut sebagai satu-satunya upaya menghentikan penyebaran virus ini. Namun sayangnya ilmuwan dunia masih belum menyelesaikan proses penyempurnaan pembuatan vaksin virus corona.

Seleksi Alam

Hanya yang kuat lah yang akan bertahan hidup. Begitu kira-kira slogan yang tepat menanggapi masuknya era “New Normal”. Semua akan kembali seperti semula. Toko-toko dibuka, kantor akan berjalan seperti biasanya, dan hidup kembali seperti sebelum COVID-19 menggemparkan dunia. Meskipun pemerintah tetap memberikan prosedur seperti wajib menggunakan masker dan selalu menjaga jarak aman dengan orang lain.

Lapangan Pekerjaan

Tidak dapat dipungkiri jika perekonomian dunia menurun ketika pandemik ini terjadi. Semua pekerjaan yang mengharuskan kita untuk keluar rumah kini berhenti sementara. Akibatnya beberapa sektor pekerjaan pun tersentak. Era  New Normal ini pada akhirnya membuat hampir semua lapangan pekerjaan berubah menjadi serba online untuk meminimalisir pertemuan.

Gaya Hidup

Kita tidak bisa lagi hidup seenaknya tanpa menjaga kebersihan. Menggunakan masker sudah pasti merupakan kewajiban jika kita terpaksa keluar rumah. Semua orang wajib menerapkan aturan baru mengenai kebersihan di dalam rumah. Kamu harus sering mandi dan menyemprot disinfektan agar rumah tetap steril dan higienis. Jangan menerima tamu sampai pandemik ini benar-benar tuntas.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/Engin_Akyurt

Follow Instagram @etalaseserpong