Bahaya Membawa Bayi ke Bioskop

49
Bayi masih sangat sensitif dan rentan terkena penyakit.

Menjadi orangtua muda yang baru saja memiliki bayi dan melepas masa kehamilan rasanya pasti ingin mulai hangout lagi di mall. Apalagi menonton di bioskop dan mengenang masa-masa pacaran dengan pasangan. Tetapi sayangnya bayi baru lahir tidak boleh ditinggal-tinggal terlalu lama karena masih membutuhkan asupan ASI. Biasanya untuk menyiasati hal ini, tak jarang orangtua memilih untuk membawa serta bayi untuk ikut nonton sembari membawa perlengkapannya.

“Anak saya tidak dibiarkan keluar rumah kecuali memang diperlukan saat masih bayi. Selain karena takut terkena penyakit, bayi itu kan butuh istirahat yang banyak. Mereka juga mudah menangis dan merasa tidak nyaman, jadi ya lebih baik dibiarkan di dalam rumah dan tidur,” ujar Eddy selaku warga Gading Serpong.

Tanpa kamu sadari, menonton di bioskop justru sangat membahayakan kesehatan bayi. Organ-organ bayi masih sangat lunak dan sensitif. Meskipun kamu membawa semua perlengkapan kebutuhannya bukan berarti itu cukup. Ada banyak bahaya yang mengintai bayi dari luar salah satunya bioskop. Kenapa ya kira-kira? Simak ulasannya

Merusak Telinga Bayi

Dikutip dari Livestrong.com, telinga anak kacil masih sangat sensitif dan memiliki batas toleransi yaitu maksimal kurang dari 80db. Untuk bayi usahakan hanya sampai 50db saja. Suara orang berbincang di dekatnya sebenarnya melewati sedikit batas toleransi apalagi suara menggelegar dari speaker bioskop? Wah bisa fatal akibatnya! Itu lah sebabnya bioskop harus meninjau ulang batas umur yang diperuntukkan bagi anak-anak terutama yang masih bayi. Bioskop juga perlu tegas melarang orangtua yang membawa bayi.

 Kulit Bayi Masih Sensitif

Lapisan kulit bayi yang baru lahir masih sangat tipis. Dengan kondisi rumah yang serba bersih dan steril saja bayi masih bisa terjangkit penyakit ruam merah. Kamu tidak bisa menjamin kebersihan kursi bioskop karena ada ratusan orang yang duduk bergantian di sana. Petugas kebersihan pun tidak menyedot kursi dengan vacuum celaner setiap selesai film sehingga kemungkinan besar terdapat banyak bakteri dan tungau yang langsung akan membuat kulit bayi alergi.

Merusak Mata

Sudah bukan wacana lagi jika menonton dalam tempat gelap sangat buruk untuk kesehatan mata. Orang dewasa sekali pun bisa rusak matanya jika menonton dalam kondisi di tempat gelap karena hal tersebut menyebabkan saraf mata menjadi tegang dan cepat lelah. Bagaimana dengan mata bayi yang masih dalam perkembangan untuk bisa melihat dengan jelas? Bisa-bisa rusak secara permanen!

Mengganggu Orang Lain

Di luar dari masalah kesehatan, bayi membutuhkan kondisi yang nyaman untuk bisa selalu tenang. Kegiatan bayi hampir selalu tidur. Maka, bioskop bukan tempat yang tepat untuk bayi. Jika merasa tidak nyaman, bayi akan rewel dan menangis. Orang-orang di sekitarmu akan merasa sangat terganggu.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/PublicDomainPictures

Follow Instagram @etalaseserpong