Begini Cara Menjaga Hubungan dengan Mertua

43
Hubungan baik dengan mertua diawali dengan komunikasi yang positif.

Perlu diakui, menikah bukan hanya sekadar menyatukan dua orang tetapi juga dua keluarga. Ketika kamu menikah, orangtua dari pasanganmu secara hukum akan menjadi orangtuamu juga. Sayangnya, banyak yang tidak bisa akur dengan mertua karena banyak hal termasuk perbedaan prinsip kedua keluarga. 

“Mertua kan secara tidak langsung merupakan orangtua kita juga. Jadi memang sudah menjadi kewajiban kita untuk terus menjaga tali komunikasi. Perhatian dan kasih sayang yang diberikan kepada mertua harus sama seperti yang kita berikan kepada orangtua sendiri,” Ujar Vien selaku warga Gading Serpong.

Mengutip dari mydomaine.com, sangat sulit menjalin hubungan baik dengan mertua jika tidak dimulai dari masa pacaran. Kamu sebaiknya memanfaatkan fase pacaran untuk mendekatkan diri dengan mertua. Dari situ lah bicarakan baik-baik mulai dari apa yang disukai dan tidak disukai sehingga bisa saling menyesuaikan diri ketika sudah menikah.

Hindari sarkasme

Namanya orangtua pasti menginginkan yang terbak untuk rumah tangga anaknya. Kamu harus siap jika suatu saat akan cekcok dengan mertua karena perbedaan prinsip. Namun, untuk memutus sumbu pertengkaran, sebaiknya kamu tetap bersikap lembut dan sopan. Hindari ungkapan sarkasme yang akan memicu perang sindir antara mertua dan menantu.

Coba lebih mengerti

Kamu harus selalu berusaha memahami perasaan mertua. Biar bagaimana pun, mertua merupakan orangtuamu juga. Mereka hanya tidak ingin kamu dan pasangan mengambil keputusan yang salah selama menjalani rumah tangga.

Perlakukan mereka seperti orangtua sendiri

Menikah dengan pasanganmu berarti menikah dengan orangtuanya juga. Mereka juga akan membimbing dan memberikan nasihat jika kamu dan pasangan mengalami sebuah musibah. Maka, perlakukan lah mereka seperti kamu memperlakukan orangtuamu sendiri. Berikan kasih sayang yang sama tanpa pamrih.

Jangan putus komunikasi

Hanya karena berbeda prinsip, seringkali menantu memilih untuk memutuskan tali komunikasi dengan mertua. Padahal memperkuat komunikasi adalah salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik dengan mertua. Sesekali menjenguk mertua dan mengajaknya jalan-jalan juga akan membuat mertua semakin menyayangimu.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ gpalmisanoadm

Follow instagram: @etalaseserpong