Begini Cara Orang di Seluruh Dunia Merayakan Hari Kasih Sayang

184

Mtepat di hari ini, apa rencanamu? Sedang berharap-harap cemas untuk mendapatkan cokelat dari orang yang sudah lama kamu taksir diam-diam? Atau sudah ada rencana untuk quality time dengan pasangan? Bagaimana dengan yang sedang jomblo, apakah sudah punya rencana asyik bersama teman-teman?

Vidya, mahasiswa Swiss-German University, BSD, melakukan kegiatan menarik tiap Valentine’s Day. “Saya dan beberapa teman SMA suka bagi-bagi cokelat sama orang. Jadi, kami ke mal, terus mengamati orang-orang yang sendirian. Kami hampiri, lalu kami kasih cokelat. Yah, karena hari kasih sayang, kami berusaha memahami mungkin di antara yang jalan sendirian itu ada yang sedih karena tidak bisa bersama pasangan di hari kasih sayang!” ujarnya.

Valentine’s Day memang bukan tradisi Timur, tetapi antusiasmenya tak kalah besar dengan negara di luar negeri sana. Jika kita sudah sering dan mengena tradisi hari kasih sayang ini di Indonesia, bagaimana, ya, tradisi di negara lain?

Korea Selatan

Para pemuda di Korea Selatan sangat antusias menyambut hari kasih sayang. Pada tanggal 14 Februari, para perempuan mengutarakan perasaan mereka dengan memberikan cokelat, mawar, atau permen kepada laki-laki yang disukainya. Sebulan kemudian, pada 14 Maret, merupakan White Day yang menjadi ajang para laki-laki untuk “membalas” pemberian para perempuan. Namun, hadiahnya tak lagi cokelat atau mawar, melainkan lebih spesifik.

Nah, di Korsel pun ada hari khusus para “jomblo” yang disebut Black Day. Mereka akan pergi ke restoran bersama-sama untuk memakan jajangmyeon atau mi pasta kacang hitam di mangkuk berwarna hitam.

Prancis

Di negara romantis ini, para pasangan biasanya mengunjungi Pont des Arts, sebuah jembatan dengan pagar yang bisa digantungkan gembok. Para pasangan meletakkan gembok yang sudah dituliskan nama mereka, kemudian melemparkan kuncinya ke Suingai Seine. Ini merupakan simbol dan harapan akan cinta yang abadi.

Ada pula masyarakat di Desa St. Veint yang merayakan Valentine dengan mengadakan pernikahan dan menanam pohon. Lainnya memilih untuk bertukar caytatan kasih (cartes d’amities).

Jerman

Di Jerman, hanya orang dewasa yang merayakan Valentine. Mereka akan menyajikan berbagai hidangan berbahan daging babi sebagai simbol keberuntungan dan hasrat. Para pasangan akan bertukar patung, gambar, atau bahkan cokelat berbentuk babi. Kemudian, mereka akan menutup hari itu dengan memakan kue jahe berbentuk hati yang sudah dituliskan pesan romantis menggunakan lapisan gula.

Denmark

Para pria Denmark suka mengirimkan puisi lucu tanpa nama ke orang yang mereka kasihi. Kalau para perempuan bisa menebak pemilik surat itu, mereka akan mendapatkan telur paskah!

Italia

Di Italia, Valentine hanya dirayakan oleh pasangan. Mereka biasanya akan bertukar pesan romantis sambil menyerahkan cokelat hazelnut.

Penulis: Krista Rai

Foto: Azerbaijan_stockers/Freepik

Follow IG: @etalaseserpong

 

 

https://tirto.id/tradisi-valentine-di-berbagai-negara-tak-hanya-bunga-dan-coklat-dgHt