Begini Tips Isolasi Mandiri yang Tepat dan Efektif

123
Melakukan isoman di rumah dengan tepat dan efektif.

Sempat menurun, di pertengahan tahun 2021 serangan Covid-19 malah meningkat pesat. Sejak awal virus corona memang gemar bermutasi menjadi jenis baru yang semakin merajala. Seperti yang saat ini sedang hangat diperbincangkan, virus corona varian Delta sedang menyerang Indonesia setelah sebelumnya dikabarkan muncul di India beberapa waktu yang lalu.

Varian Delta disebut-sebut dapat menular hanya dalam waktu 10 detik tanpa perlu interaksi yang intens. Artinya, Anda dapat tertular meski hanya berpapasan dengan pasien varian Delta. Pemerintah pun tak hentinya menggaungkan kebijakan untuk #dirumahsaja dan kembali #WFH100% untuk memutus rantai penularan. Kali ini PPKM darurat yang sudah dijalankan sejak hari Sabtu, 3 Juli 2021 diharapkan segera menurunkan kurva Covid-19.

Tidak hanya berskala nasional, penanganan Covid-19 juga harus tertib di sektor yang lebih kecil seperti RT dan RW. Setiap warga yang terkena akan diberikan stickerdengan keterangan “ISOMAN” di pagar depan rumah oleh Satgas yang menaungi daerah tersebut agar para tetangga semakin waspada dan tertib protokol kesehatan. Bagaimana cara isoman di rumah yang baik dan benar?

Tidak keluar rumah sebelum dinyatakan negatif

Menurut laman Kompas.com, bagi Anda yang sudah dinyatakan positif Covid-19 dan diperbolehkan untuk isolasi mandiri oleh Satgas, wajib tertib dengan tidak pergi keluar rumah sampai dinyatakan sembuh total. Perlu diketahui, klaster keluarga merupakan penyebab utama dari penularan virus corona. Jika tidak melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, klaster keluarga akan melebar menjadi klaster RT dan RW karena menularkan warga setempat.

Terpisah

Jika ada salah satu anggota keluarga yang dinyatakan positif Covid-19, maka seluruh anggota lainnya wajib melakukan pemeriksaan melalui PCR test dan lapor ke Satgas setempat. Sebelum hasilnya keluar, Anda tidak diperbolehkan untuk keluar rumah. Jika hasil pemeriksaan anggota keluarga yang lain ternyata negatif, sebisa mungkin untuk tinggal di ruangan terpisah dengan pasien begitu pun dengan penggunaan kamar mandi. Jika hanya ada satu kamar mandi di dalam rumah, gunakan cairan pembersih dan disinfektan sebelum dan sesudah menggunakan kamar mandi. Alat makan dan pakaian pun tidak bisa digunakan bersama dan harus dicuci secara terpisah. Anda dan seluruh anggota keluarga wajib menggunakan masker meskipun sedang berada di rumah. Anda juga wajib menggunakan sarung tangan ketika sedang menangani pasien Covid-19.

Selalu berikan laporan perkembangan

Anda diharuskan untuk melapor perkembangan pasien kepada Satgas secara berkala agar Satgas mengetahui tindakan yang harus dilakukan selanjutnya. Pantau perkembangan kesehatan pasien setiap hari dari mulai proning kadar oksigen, gejala yang timbul di dalam tubuh, dan kebutuhan obat yang disarankan oleh Satgas.

Bekerja sama dengan ketua RT dan RW

Selain wajib melapor ke Satgas setempat, Anda juga wajib memberikan laporan perkembangan pasien kepada ketua RT dan RW agar warga setempat diberikan arahan. Setelah ada satu warga yang terkena Covid-19, ketua RT dan RW wajib memberikan bimbingan kepada warga agar tidak panik dan bersama-sama melawan virus ini dengan mengikuti protokol kesehatan.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ KlaussHausmann

Follow Instagram: @etalaseserpong