Belajar di Kala Pandemi Bersama Al Kautsar Bintaro

173
Al Kautsar Bintaro.

Tahun ajaran baru 2021 akan segera dimulai. Namun, di tengah pandemi yang belum kunjung mereda, masih banyak orangtua yang belum mempercayai sepenuhnya mengenai prosedural sekolah di era pandemi terutama bagi anak-anak yang baru akan duduk di bangku sekolah untuk pertama kalinya. Kegiatan belajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka mau tidak mau harus dirombak secara total. Siswa dan siswi kehilangan kesempatan untuk bersosialisasi secara langsung karena terpaksa harus melakukan pembelajaran jarak jauh.

Meskipun semua ini dilakukan demi menjaga kesehatan sang buah hati, rupanya masih banyak orangtua yang meragukan efektifitas sistem pembelajaran jarak jauh. Kami di Al Kautsar Bintaro siap untuk membimbing baik orangtua mau pun siswa secara intens mengenai sistem pembelajaran baru ini agar pengalaman belajar anak tetap mumpuni dan berkualitas.

Al Kautsar Bintaro.

Al Kautsar Bintaro merupakan sekolah swasta yang terdiri dari satuan pendidikan kelompok bermain, taman kanak-kanak dan Sekolah Dasar Islam. Al Kautsar Bintaro memiliki visi dan misi untuk mempersiapkan para siswa dalam mengasah Islamic Skill dan mencetak siswa yang unggul dalam bidang akademik mau pun non-akademik agar siap memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

Al Kautsar Bintaro akan mencetak siswa-siswi berintegritas tinggi.

Kegiatan pembelajaran di sekolah Al Kautsar Bintaro dari mulai tingkatan Playgroup, Pre-Kindy, Kindy A dan Kindy B sampai Elementary di masa pandemi dilakukan secara interaktif dalam format tatap maya menggunakan media zoom meeting yang terbagi pada sesi morning routine, islamic routine dan circle time. Diskusi pembelajaran pun akan dilakukan secara aktif dan interaktif yang pastinya menyenangkan bagi seluruh pihak. Penyampaian materi dan evaluasi diberikan dengan lengkap menggunakan fitur-fitur yang tersedia di dalam Google Classroom. Para siswa akan belajar menggunakan worldwall, quizzes, live worksheet melalui bimbingan guru pada kegiatan diskusi yang diselenggarakan melalui zoom break out. Selain itu, siswa juga akan terbiasa melatih kecakapan dan berliterasi melalui aplikasi paddlet dan digital daily record. Proses pembelajaran jarak jauh ini dijamin akan selalu menyenangkan dan edukatif agar siswa semakin semangat untuk mempelajari hal baru.  

Mengenal pembelajaran jarak jauh dengan metode daring.

Untuk program tambahan pada pembelajaran di masa pandemi,  sekolah Al Kautsar Bintaro melaksanakan Student’s Coaching pada grade I – II, dan kelas pemantapan akademik persiapan memasuki jenjang SMP  pada grade VI. Sementara itu, akan ada beragam program penunjang pembelajaran lainnya seperti kegiatan ekstrakurikuler, Puncak Tematik, English Festival, Entrepreunership, Leadership, bulan bahasa Literacy Activities, Culture Day, Virtual Edutrip, Class Competition, Culture Day, Pesantren Ramadhan, Khotmil Qur’an, dan Kreasi Ramadhan yang akan tetap dilaksanakan. Para siswa juga akan tetap mendapatkan fasilitas pendampingan dari psikolog sekolah secara virtual di mana siswa mendapatkan materi-materi penguatan secara interaksi aktif dalam sesi Students Coaching dengan tema-tema menarik sesuai tahapan tumbuh kembang anak. 

Proses belajar tetap menyenangkan meskipun tidak bertatap muka.

Selama pandemi, Al Kautsar Bintaro membuka pendaftaran secara online atau bisa melalui kantor administrasi sekolah. Calon peserta didik yang ingin mengunjungi Al Kautsar Bintaro wajib melakukan perjanjian dengan administrasi sekolah terlebih dahulu. Calon peserta didik juga dapat mengikuti kelas trial online secara gratis. Terdapat promo diskon uang pangkal untuk kuota terbatas. Meski ditengah pandemi, Al Kautsar Bintaro akan selalu memastikan pembelajaran para siswa berjalan semaksimal mungkin agar tidak mengurangi efisiensi dan kualitas penyerapan ilmu serta perkembangan sosial siswa.

 

Foto ilustrasi: Dok. Al Kautsar Bintaro

Follow instagram: @etalaseserpong