Berbagai Bunga Hidup yang Bisa Jadi Parfum Alami Ruangan

72

bunga identik dengan keindahan dan aromanya. Wangi natural dan menenangkan. Sangat pas bila menjadi pengharum ruangan. Khususnya bagi Anda yang ingin menghadirkan suasana alami di dalam rumah.

Juga sangat cocok menjadi alternatif pengganti pengharum buatan. Yang mana memang memberi wangi, tapi di baliknya menyimpan bahaya bagi kesehatan. Khususnya untuk anggota keluarga yang mengidap alergi tertentu dan anak-anak.

Baca juga: Aneka Bunga Yang Bisa Dimakan

Karenanya menjatuhkan pilihan pada bunga sangat pas. Di samping aroma sedap mengisi penuh udara di ruangan, seisi rumah juga dapat menyejukkan mata setiap saat.

Mawar

Representasi hati yang sedang kasmaran oleh asmara dan kasih sayang. Warnanya pun bermacam-macam. Merah gelap, putih bersih, pink, dan beberapa warna lainnya. Begitu hidung mendekat baunya langsung tercium hangat. Apalagi ketika dikumpulkan dalam jumlah yang cukup banyak. Aromanya pasti akan lebih menenangkan layaknya sahabat dekat.

Lavender

Begitu pula dengan lavender. Si bunga ungu yang baunya sudah terkenal untuk pewangi. Terlebih cocok mengusir serangga seperti nyamuk. Bahkan tak harus dalam kondisi segar. Sebab bunga lavender yang sudah kering tetap mengeluarkan bau yang enak. Selain itu dipercaya mampu mengusir stres dan mengantarkan tidur lebih nyenyak. Cocok bila ditempatkan di kamar tidur atau ruang keluarga.

Baca juga: Tanaman Yang Bisa Cepat Panen Di Rumah

Sedap malam

Daftar bunga berikutnya ialah sedap malam. Bentuknya semacam sekumpulan rumpun putih yang tinggi menjulang. Bila dilihat sekilas terkesan ada unsur eksotis yang elok menghias. Sementara bau wanginya menguat di malam hari. Membantu menenangkan pikiran dan melancarkan sirkulasi udara. Hanya perlu lokasi yang teduh dan diganti airnya tiap dua hari sekali, sedap malam akan tahan lama menemani.

Melati

Melati punya nama lain, yakni Jasmine. Masuk dalam kategori tanaman perdu yang cantik nan imut. Kelopaknya mekar seolah membentuk bintang, dengan warna putih susu. Bila masih kuncup akan sering dirangkai sebagai pelengkap ornamen. Aromanya sendiri sangat khas dan tiada duanya. Tanpa mendekat saja, sudah tercium dengan kuatnya. Cukup diletakkan begitu saja dan baunya akan beredar ke seluruh ruangan.

Gardenia

Julukan lain dari gardenia adalah bunga kaca piring. Kadang dikira mawar. Maklum saja, kelopak bunganya bertumpuk-tumpuk melingkar dan bentuk daunnya sendiri tak jauh berbeda. Akan tetapi, gardenia lebih dominan berwarna putih polos. Baunya juga bisa dikatakan sangat berbeda dengan bunga pada umumnya. Sangat segar dan memberikan efek tenang. Sajikan saja di ruangan yang Anda inginkan. Siapa tahu stres segera hilang, dan berganti dengan kedamaian.

Baca saja: Tanaman Yang Cocok Sebagai Pagar Rumah

Geranium

Berikutnya ada geranium. Tumbuhan perdu di mana bunganya saling berkelompok. Di tiap grupnya bisa hanya terdiri satu warna saja, ada pula yang memadukan banyak rona. Dari merah tua, merah muda, sampai putih sepenuhnya. Aroma wangi yang keluar dari kelopak seolah menghipnotis pikiran untuk tenang. Maka dari itu, hingga kini sangat cocok dipakai sebagai bahan perawatan tubuh. Sayangnya hanya mampu tumbuh pada tanah dengan kualitas tinggi dan suhu yang dingin. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram: @etalaseserpong