Biasakan Anak untuk Olahraga Sejak Kecil

37
Banyak manfaat yang didapatkan jika membiasakan anak untuk olahraga.

Olahraga sangat bermanfaat bagi masa pertumbuhan anak. Anak yang terbiasa berolahraga sejak kecil memiliki minim risiko terserang penyakit seperti jantung, obesitas, dan pengapuran tulang. Selain memenuhi kebutuhan secara fisik, olahraga juga mampu melatih anak dalam berkompetisi secara sehat dengan orang lain.

Mengutip dari kids.lovetoknow.com, anak-anak yang berpartisipasi dalam kegiatan olahraga sejak dini memiliki kendali yang baik atas tubuh mereka sendiri. Olahraga dapat memengaruhi fungsi motorik otak anak sehingga mereka cenderung tidak memiliki masalah dalam aktivitas akademik dan non-akademik.

Jarang sakit

Kebanyakan orang baru sadar pentingnya olahraga ketika sudah diingatkan oleh dokter. Jangan sampai anakmu mengalami hal yang sama di masa depan! Membiasakan anak berolahraga akan membuat sistem metabolisme dan sistem imunitas tubuh kuat sehingga jarang terserang penyakit. Selain itu, olahraga juga akan membuat saraf motorik anak bekerja secara optimal.

Terbiasa mengatur emosi

Olahraga biasanya berisi kompetisi dan adu kehebatan. Tak jarang anak yang dibiasakan olahraga akan ikut berbagai turnamen. Latihan pun harus diikuti anak secara disiplin tanpa mengeluh. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang dewasa dan pintar mengendalikan emosi karena terbiasa memiliki prioritas yang harus dicapai dalam segala situasi.

Belajar sportif

Di dalam olahraga tentu saja ada yang namanya kemenangan dan kekalahan. Dengan terbiasa berolahraga dan mengikuti turnamen, anak dengan sendirinya belajar untuk bersikap sportif. Sejak kecil ia akan terbiasa menerima kekalahan dengan lapang dada dan mau mengakui kemenangan lawannya sendiri.

Terbiasa bersosialisasi

Latihan olahraga dalam bidang apa pun biasanya dilakukan secara berkelompok. Dengan begitu anak pun akan terbiasa untuk bersosialisasi dengan banyak orang tanpa bimbingan orangtua. Mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang mudah beradaptasj dengan lingkungan sekitarnya.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ minibaby

Follow instagram: @etalaseserpong