Brand Produk yang Melegenda di Indonesia

67
Beberapa produk yang melegenda hingga kini di Indonesia.

Di Indonesia ada banyak sekali produk-produk yang melegenda. Sudah ada sejak zaman dulu dan masih laris di pasaran. Beberapa merupakan buatan dalam negeri dan mampu menembus pasar internasional. Sebagian lagi datang dari luar negeri tapi sudah amat akrab.

Apa saja yang paling melekat di mata konsumen hingga kemudian jadi barang legend? Tak hanya kualitas produknya yang tetap terpercaya. Artinya tetap enak dan sesuai selera lokal. Tapi juga menyentuh brand atau logo produk itu sendiri.

Baca juga: Anak Muda Indonesia Dengan Prestasi Mendunia

Karena itu bukan fenomena yang aneh, meski terus muncul produk-produk yang baru, produk yang lama masih tetap diminati. Menjadi kebanggaan dan identitas tersendiri bagi para pencintanya.

Biskuit Khong Guan

Induk pabrik Khong Guan ada di Singapura. Mulai masuk ke Indonesia tahun 1970 dan sejak saat itu seperti sudah mendarah daging. Di area desa dan banyak perkampungan, menyajikan biskuit kaleng ini seolah sudah menjadi tradisi pada hari raya besar.

Uniknya, muncul perdebatan yang tiada habisnya hingga sekarang.

Terpicu oleh gambar pada kaleng biskuit, di mana sang ayah berada? Sebab yang terpampang hanya ibu dan dua orang anaknya. Makin lucu dan menarik saat logo biskuit juga dipakai untuk meme dan hal-hal yang berbau candaan.

Indomie

Siapa yang tak kenal mie instan yang satu ini. Ketika menyebut mi instan, barangkali di pikiran yang langsung terbayang adalah merk Indomie. Begitu melekat dan sangat erat di berbagai kalangan. Rasanya pun ternyata digemari oleh orang-orang dari banyak negara. Kini, mi instan buatan PT Indofood Sukses Makmur Tbk telah diekspor ke Amerika, Inggris, Australia, China, Timur Tengah, dan sebagian Afrika.

Baca juga: Bisnis Kuliner Yang Bakal Terus Bersinar

Silverqueen

Kemudian ada cokelat Silverqueen yang merajai pasaran dalam negeri. Mudah ditemukan di supermarket besar sampai toko kelontong. Pabriknya ada di Garut, dalam naungan PT Petra Food. Silverqueen lebih menyasar kaum muda, tapi ternyata juga tetap mengena generasi di atasnya. Apalagi jika bukan karena rasanya yang enak dan kesan legend itu sendiri.

Teh Kotak

Masyarakat Indonesia pasti tahu apa itu Teh Kotak. Ya, teh berkharisma ini mulai dikenalkan pada 1979 oleh PT Ultrajaya. Sebagai pelopor minuman siap konsumsi dan dalam kemasan praktis. Diduga, unsur legend dari teh kemasan ini tak hanya usianya yang sudah menua. Tapi memang rasanya yang selalu menyegarkan.

Baca juga: Perlu Diperhatikan Saat Merintis Bisnis Kedai Kopi

Kopi Kapal Api

Logonya mudah diingat, rasanya ingin selalu diresap hangat-hangat. Itulah Kopi Kapal Api, produksi PT Santos Jaya Abadi, Sidoarjo. Awalnya mulai dijajakan pada 1927 di pelabuhan Surabaya.

Pelanggan paling banyak ternyata adalah pekerja kapal.

Barangkali karena ini pula logo kemasan terinspirasi.

Susu SGM

Selanjutnya ada Susu SGM yang punya cerita unik hingga menjadi legenda. Tadinya merupakan pilot project selepas Perang Dunia II dan negeri ini mulai terbentuk. SGM dibagikan untuk peningkatan gizi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Pabriknya sendiri ada di Yogyakarta dengan nama PT Sari Husada. Sampai sekarang, SGM kerap jadi sasaran bagi para ibu yang ingin memberikan susu tambahan pada buah hatinya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow instagram: @etalaseserpong