Cara Alami Usir Bau Kamar Mandi

37
Penting menjaga kebersihan kamar mandi demi kesehatan keluarga.

Sebagai tempat membersihkan diri, sudah seharusnya kamar mandi selalu higienis dan wangi. Agar kita senantiasa merasa nyaman. Tapi adakalanya bau di kamar mandi kerap muncul dan mengganggu.

Sebab dengan adanya bau, menandakan ada bakteri serta jamur yang berkembang biak. Mereka dapat menempel di mana saja. Jadi meresahkan, tak betah berlama-lama di dalamnya, dan tak leluasa menggunakan kamar mandi. Apalagi begitu membuka pintu, bau langsung mengena indra penciuman. Terutama dari lubang toilet, lubang pembuangan air, dan titik-titik tertentu.

Baca juga: Pertimbangkan Ini Saat Mendesain Kamar Mandi

Namun untuk mengatasinya, pemilik kamar mandi juga perlu menyadari mengapa bau tak sedap sering mampir di kamar mandi. Sangat mungkin berkaitan dengan kebiasaan anggota rumah ditambah kondisi kamar mandi itu sendiri. Dengan mengetahui sumber utama atau asal muasalnya, bau akan lebih cepat diatasi. Dibanding memberantas bau tapi tetap membiarkan sumbernya terus eksis. Hanya akan membuat capek, sementara aroma tak sedap masih menghantui.

Perhatikan sirkulasi udara

Coba mulai dengan menilik kembali bagian sirkulasi udara. Bau sangat mungkin dipicu oleh aliran udara yang tidak lancar. Contohnya kamar mandi yang tidak punya ventilasi, selalu lembap, dan gelap. Tidak ada udara segar yang mengalir beserta sinar matahari yang masuk.

Sebaiknya jika ada jendela, meski berukuran kecil, sesekali biarkan terbuka lebar. Agar udara dapat berganti dan aroma busuk dari kamar mandi keluar. Tapi bila tidak tersedia sama sekali, buka pintu kamar mandi sebagai jalan keluar masuk udara.

Bersihkan secara berkala

Jangan lupa untuk membersihkan secara berkala. Menyeluruh ke setiap sudut dan khususnya pada area-area yang sering dipakai. Tak terkecuali kerak yang sering menempel pada lantai dan dinding. Keluarkan semua sampah, seperti bungkus produk yang tidak terpakai dan tempat sampah di dalam. Juga kurangi keberadaan produk-produk mandi dengan kandungan parfum berlebihan. Salah satu yang menyumbang kian intens bau tak enak di kamar mandi.

Baca juga: Yang Kerap Terlupakan Saat Merancang Kamar Mandi

Keluarkan barang yang lembap

Cara lainnya adalah dengan memindahkan barang-barang yang lembap dari kamar mandi. Paling banyak contohnya seperti handuk yang basah, jemuran, keset yang sudah lama tidak diganti, atau jenis lainnya. Dengan kepindahan barang-barang tersebut, bau di kamar mandi dapat diminimalisir.

Gunakan baking soda

Lalu pakai baking soda. Bahan ini sangat ampuh menyerap bau tak enak plus membersihkan kerak membandel sekalipun. Taburkan saja pada bagian-bagian yang kotor dan diamkan. Khusus untuk lubang toilet, ambil satu cangkir dan buang ke dalamnya. Biarkan selama satu jam, lalu sikat sebentar pada area yang telah ditaburi dan bilas. Hasilnya bukan saja kamar mandi lebih enak dilihat, namun bau tak sedap jadi pergi dengan sendirinya.

Baca juga: Mendesain Kamar Mandi Untuk Manula

Pasang pewangi

Pasang pewangi untuk menjamin bau bersahabat setiap saat. Pilih aroma ringan atau tidak terlalu mendominasi ruangan. Seperti aroma pewangi kopi yang saat ini sedang ngehits. Bau khas kopi cukup efektif menyerap bau tak enak dari dalam ruangan. Atau aroma citrus yang segar, lavender yang lembut, dan bau alami lainnya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow instagram: @etalaseserpong