Cara Menawarkan Home Service Business

109
Kiat bisnis home service.

Home service business, atau yang disebut juga bisnis pelayanan ke rumah, sekarang sedang banyak diminati. Walau bukan jenis bisnis baru, namun tentu butuh strategi yang tidak main-main. Apalagi situasi pandemi mengharuskan aturan tertentu untuk berkunjung ke rumah orang.

Tumbuhnya home service business sendiri akhir-akhir ini sebenarnya tidak terlepas dari sepinya kegiatan ekonomi. Tren bekerja dari rumah dan anjuran untuk tetap di rumah saja, membuat sebagian usaha jadi meredup. Khususnya yang mengandalkan tatap muka dengan konsumen secara langsung. Maka dari itu, dipilihnya jalur pelayanan servis ke rumah tidak semata-mata upaya pertahanan. Melainkan juga menjemput bola dengan memenuhi kebutuhan konsumen tanpa perlu keluar.

Baca juga: Prediksi Jasa Panggilan Ke Rumah Yang Laris Di Tahun Ini

Contohnya servis bersih-bersih rumah, pelayanan salon dan spa, salon hewan, binatu, layanan ganti kacamata, cek kesehatan seperti gula darah, imunisasi, hingga servis sepeda. Kabarnya, kehadiran layanan di rumah mendapat sambutan yang antusias. Terutama untuk brand-brand yang sebelumnya telah menduduki kepercayaan konsumen. Maupun brand baru dengan segala penawaran yang menarik.

Perkenalan dan promosi

Sudah lama usaha berdiri atau baru, perkenalan pada konsumen sangat dianjurkan. Memberitahu pada umum bahwa kini pelayanan sudah bisa dinikmati langsung di rumah. Gunakan momen perkenalan ini dengan seoptimal dan seefektif mungkin. Contohnya dengan menggunakan media sosial. Hampir tidak berbayar dan banyak dibaca orang.

Dalam perkenalan, ada baiknya menawarkan pula promosi. Strategi dagang yang mudah sekali mengundang minat calon konsumen untuk mencoba. Atau jika tidak memungkinkan adanya potongan harga, minimal ada suatu untung yang bisa didapat pembeli, yang mana tidak akan didulang bila memilih jasa bisnis lainnya.

Detail pelayanan

Di samping itu, konsumen akan sangat senang dengan detail pelayanan di rumah. Mengingat pandemi belum usai, jadi faktor kehati-hatian sangat utama. Karenanya, sebutkan saja bagaimana nanti prosesnya berjalan, alat-alat apa saja yang akan dibawa, berapa lama waktu yang dibutuhkan, harga per paket atau kunjungan, dan sebagainya. Semakin lengkap informasi yang tercantum, semakin baik bagi konsumen mengenal home service, semakin tertarik pula untuk menjajal segera.

Baca juga: Langkah-Langkah Yang Harus Dipersiapkan Bila Harus Mengubah Jenis Usaha

Kewajiban bagi petugas

Sertakan keterangan tentang kondisi dan kelengkapan petugas. Tambahan untuk menyakinkan calon konsumen akan keamanan adanya orang luar datang ke rumah. Seperti petugas dinyatakan negatif Covid-19 beserta bukti tertulis hasil tes, wajib memakai sarung tangan, masker, faceshield, hanya berada di teras atau ruangan yang telah disediakan khusus.

Garansi

Sebutkan garansi bila memang pelayanan di rumah mencakupnya. Langkah cerdas untuk mendulang kepercayaan konsumen sebanyak mungkin. Misalnya dengan menjamin ganti rugi materi untuk pelayanan yang tidak sesuai promosi, petugas akan menunggu 30 menit setelah servis diberikan untuk memastikan kondisi sesuai harapan, atau bentuk garansi lain.

Baca juga: Strategi Bisnis Bertahan Di Tengah Pandemi

Kontak yang mudah dihubungi

Jangan lupa membubuhkan kontak yang mudah dihubungi. Ada baiknya satu nomor dan satu akun saja. Sehingga baik yang membaca lewat media sosial atau kartu nama tidak kesulitan. Dan ingat, dari nomor kontak, berikan fast response untuk menjamin kepuasan pelanggan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Freepik

Follow instagram: @etalaseserpong