Cara Mudah Mencapai 8000 Langkah Meski Di Rumah Saja

33

Berapa banyak langkah kaki yang dibutuhkan dalam sehari? Konon kabarnya tubuh perlu 8.000 langkah untuk menjaga kesehatan. Tapi, bagaimana caranya mencapai itu semua bila lebih banyak berada di rumah sehubungan adanya virus membahayakan di luar.

Tenang saja, masih ada cara-cara yang mudah dilakukan. Adapun jumlah 8.000 langkah tadi berasal dari Physical Activity Guidelines, Amerika Serikat, yang menyarankan orang dewasa untuk 150 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik dengan intensitas tinggi. Yang mana, bila dicari padanannya sama dengan 7.000-8.000 langkah sehari.

Baca juga: Manfaat Hebat Rutin Jalan Kaki

Mengapa jalan kaki kemudian dianggap penting? Sebab walau terlihat olahraga ringan, jalan kaki mampu menambah stamina, membakar kalori berlebih, dan menyehatkan jantung. Serta terbukti efektif menurunkan berat badan dan tekanan darah.

Meski demikian, ada baiknya tidak terlalu terpaku  pada jumlah langkah kaki. Jalani saja dengan riang dan nikmati sebagai aktivitas yang menyenangkan. Jika ingin memastikan berapa jumlah langkah yang sudah dilalui tinggal memantau dari aplikasi di ponsel, lewat jam tangan pintar, atau pedometer. Serta yang tak kalah penting, tetap mengimbangi dengan gaya hidup yang sehat. Lebih banyak makan sayuran hijau dan buah, tidur cukup, hindari stres, tidak merokok, juga tidak minum alkohol.

Menggunakan treadmill

Bila ada treadmill di rumah akan sangat membantu mewujudkannya. Tinggal meluangkan waktu dan menjadikan jalan kaki di tempat sebagai rutinitas. Apalagi treadmill sudah dilengkapi alat pengukur, pencatat waktu dan jarak, jumlah denyut jantung yang akurat, dan sebagainya. Jalan cepat atau santai juga dapat disetel dengan leluasa.

Lari cepat di tempat

Mencapai 8.000 langkah dapat diraih lewat lari cepat di tempat. Fungsinya hampir sama dengan jalan kaki, yakni menguatkan otot kaki dan sendi bagian bawah. Awali dengan pemanasan dan pastikan fisik dalam kondisi bugar. Bagi Anda yang sudah berusia cukup senior, lakukan dengan perlahan, layaknya sedang joging ringan di luar rumah.

Baca juga: Cara Benar Meningkatkan Imun Tubuh Yang Benar Dan Alami

Aerobik

Atau seperti yang direkomendasikan Physical Activity Guidelines tadi, yakni dengan aerobik. Bergerak dengan berbagai gaya selama beberapa menit. Bahkan tak hanya kaki yang bergerak. Anggota tubuh lain juga ikut aktif tergerak. Hati pun turut senang. Karena tergugah oleh irama musik dan gerakan yang menyenangkan. Anda bisa mengunduh aplikasi fitnes dan mengikuti gerakan aerobik.

Jalan kaki di halaman atau sekitar rumah

Dapat pula dengan jalan kaki yang sesungguhnya. Menyengajakan diri olahraga jalan kaki di area halaman atau sekitar rumah. Tapi saat keluar, tetap perhatikan waktu yang pas agar tidak menciptakan potensi tertular pada diri sendiri. Misalnya di pagi hari yang masih sepi dan udara terasa segar, gunakan masker, dan senantiasa menjaga jarak dengan orang lain.

Baca juga: Ragam Olahraga Ringan Selama Masa Karantina

Tetap aktif bergerak

Di samping itu, tetap aktif bergerak. Khususnya bagi Anda yang tidak memiliki keluangan waktu untuk olahraga. Atau memang malas berolahraga. Di tengah-tengah pekerjaan yang menumpuk di rumah, gerakkan kaki untuk berulang kali naik turun tangga, mengerjakan tugas rumah tangga sambil menggoyangkan badan, menari, hilir mudik mengambil barang, mengayuh sepeda statis, dan lain-lain. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow instagram: @etalaseserpong