Cegah Ketergantungan Pada Obat Bebas

31
Hindari mengandalkan obat ringan agar tidak ketergantungan.
Hindari mengandalkan obat ringan agar tidak ketergantungan.

Obat bebas memang solusi mujarab saat tubuh sakit. Tapi mengandalkan obat hingga ketergantungan bukan sikap yang bijak. Cegah sifat adiktif pada obat dengan langkah yang sederhana.

Apalagi sedikit-sedikit sakit obat harus selalu ada. Andalan agar tubuh cepat merasa nyaman seperti awal. Efek samping tentu mengancam. Dalam jangka panjang, tubuh tak lagi bereaksi terhadap kerja obat. Virus dan kuman jadi kebal dengan segala obat yang biasa dikonsumsi. Lantas hal ini biasanya ditanggulangi dengan menambah dosis yang lebih banyak. Di mana akhirnya tubuh rentan mengalami komplikasi penyakit yang sebenarnya muncul dari obat yang seharusnya menolong.

Karena itu butuh informasi yang benar dan kesadaran mendalam sebelum menelan obat-obatan. Pada dasarnya tubuh memiliki imun alami untuk melawan semua penyakit yang datang. Tentu bagi penyakit yang tergolong kronis, perawatan medis dibutuhkan. Plus obat-obatan kimiawi sebagai penunjang. Akan tetapi, untuk golongan penyakit ringan, obat-obatan belum tentu diperlukan. Terutama seenaknya mencampur obat tanpa saran resmi dari dokter. Jadi, coba pikirkan kembali sebelum menenggak obat meski berdosis ringan.

Tidur

Jangan-jangan selama ini yang tak disadari, hanya dengan tidur sudah menjadi obat ampuh. Membiarkan tubuh beristirahat selama beberapa saat. Tanpa disela berbagai aktivitas, gangguan, dan beban pikiran. Khususnya tidur yang berkualitas, yang benar-benar bisa dinikmati. Contohnya untuk sakit pusing atau capek di bagian mata, tidur akan membantu mengusir semua penyakit tersebut. Ketika bangun, tubuh lebih terasa segar dan bebas dari pengaruh obat sama sekali.

Ubah pola makan

Makanan sehari-hari sebenarnya juga dapat menjadi obat. Dengan catatan, yakni makanan yang memenuhi kadar nutrisi baik dan seimbang.

Tidak berlebihan dalam lemak, kolesterol, gula, bahan kimiawi buatan, atau junk food. Coba sadari bagaimana pola makan selama ini. Memang efeknya lebih perlahan ketimbang langsung minum obat. Namun jauh lebih aman dan semakin menambah proteksi pada tubuh sendiri.

Gunakan ramuan tradisional

Banyak ramuan tradisional sebagai pengganti obat. Bisa diracik sendiri di rumah, langkahnya pun sederhana. Misalnya dengan menyeduh geprekan jahe saat masuk angin, mengoleskan bawang merah di dahi ketika anak demam, minum perasaan air kunyit dan temulawak untuk memperbaiki nafsu makan, dan sebagainya. Tapi ingat, walau dikenal aman, tetap konsumsi dalam porsi secukupnya saja.

Pijat atau langkah aman lainnya

Metode tradisional juga telah lama diperkenalkan untuk mengatasi rasa sakit pada tubuh. Ada yang bernama pijatan pada titik tubuh tertentu, kerokan, dan sejenisnya. Banyak membantu mengatasi penyakit lalu dilanjutkan dengan istirahat dan konsumsi air putih yang banyak. Bisa pula via olahraga ringan guna menenangkan tubuh, contohnya yoga.

Tanamkan mindset yang baru

Terpenting, coba tanamkan mindset bahwa Anda mampu melakukannya. Mampu merdeka dari jeratan obat, mampu sembuh tanpa sebutir pun pil harus masuk ke dalam badan. Memang di awal akan terasa berat. Terlebih sudah ada rasa candu. Namun, setidaknya dengan menanamkan mindset yang baru, tubuh akan tertolong dari yang namanya obat-obatan. (LAF)

Foto ilustrasi: Pixabay.com/stevepb

Follow Instagram @etalaseserpong