Cek Ulang Sebelum Beli Mobil Hasil Lelang

109
Bijak membeli mobil lelang.

Di tengah pandemi seperti sekarang, kabarnya pembelian mobil di badan lelang justru meningkat. Seiring dengan banyaknya mobil yang ditarik oleh leasing akibat gagal bayar konsumen. Di sisi lain berbarengan dengan kebutuhan akan punya mobil sendiri untuk menghindari penularan di kendaraan umum.

Beli mobil bisa dari mana saja. Salah satunya dengan mengikuti lelang. Namun, sebaiknya tetap waspada dan hati-hati. Khususnya bagi Anda yang pertama kali beli mobil dan tak mau merugi.

Baca juga: Trik Menjual Mobil Second Di Tengah Pandemi Agar Cepat Laku

Rata-rata mobil yang dijual oleh suatu badan lelang merupakan mobil sekon. Jenisnya sangat variatif dan berasal dari banyak tempat. Mulai dari kendaraan pribadi hingga yang sengaja dijalankan untuk transportasi umum. Seperti taksi bekas. Untuk mendapatkan mobil yang diinginkan, pembeli harus memenangkan harga dari calon pembeli lain. Peminat dengan harga tertinggi akan menjadi pemenang.

Legalitas badan lelang

Cek lebih dulu siapa yang akan menjual. Sangat penting memperhatikan legalitas badan lelang dari kekuatan hukum. Badan lelang yang sah jelas mempunyai izin usaha, mengiklankan kegiatan lelang di media massa, dan punya tempat parkir. Yakni tempat untuk mempertontonkan semua mobil yang akan dilelang. Di samping punya sederet prosedur dan mekanisme bidding yang resmi.

Cek kondisi mobil

Sepertinya hampir semua mobil yang masuk ke badan lelang telah melewati seleksi agar layak dijual kembali. Tapi walau sudah dicek, ada baiknya Anda datang langsung dan melihatnya sendiri. Jika tak begitu mengenal tentang dunia otomotif, ajak kenalan yang memahaminya. Terutama memastikan stamina mesin, penampilan bodi, skala harga beli dengan biaya perawatan, juga kelangsungan saat dibawa melaju ke jalan raya.

Baca juga: Mendeteksi Mobil Bekas Terendam Banjir

Cari alternatif unit lain

Karena banyak mobil yang dipajang, jadi jangan hanya fokus pada satu unit mobil saja. Pilih salah satu sebagai prioritas untuk dimiliki, selebihnya buat daftar untuk cadangan. Kalau-kalau mobil yang diidamkan tak dapat digenggam, Anda dapat segera mengalihkan ke opsi yang lain.

Referensi harga

Cari referensi harga sebanyak-banyaknya. Apalagi saat ini informasi tentang harga mobil sekon sangat mudah didapat di mesin pencari. Tinggal membandingkan dengan penawaran terendah di badan lelang atau agen penjualan lain.

Namun ingat, harga terendah bukan satu-satunya penentu. Kadangkala tipe mobil yang sama ditawarkan dalam harga tinggi sebab semua suratnya lengkap dan kondisi mesin sangat terjamin. Jadi pertimbangkan baik-baik.

Siapkan diri

Siapkan diri saat proses bidding dimulai. Semacam pertarungan untuk memperebutkan sesuatu. Menguras tenaga dan emosi sebab antar peserta saling bersaing. Kerap pula diikuti emosi tak masuk akal dengan mengajukan harga tinggi demi keinginan memiliki. Karenanya daripada di kemudian hari merugi, relakan bila memang mobil yang diincar sudah berhasil dipinang peserta lelang lain.

Baca juga: Agar Untung Saat Tukar Tambah Mobil Baru

Bawa ke bengkel segera

Tapi begitu Anda mendapatkan mobil sesuai harapan, segera bawa ke bengkel. Minta bantuan untuk mengecek ulang. Ganti atau perbaiki bagian mobil yang memang diperlukan. Garansi yang lebih pasti pada mobil, daripada nantinya ada kendala dan mesti menebus dengan harga yang lumayan tinggi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow instagram: @etalaseserpong