Ciri-ciri Amandel yang Sudah Parah

40

Amandel merupakan kelenjar yang terletak di bagian belakang mulut. Fungsinya sebagai sistem pertahanan tubuh. Kelenjar inilah yang akan menghadang bakteri dan virus yang berniat masuk ke dalam tubuh dan membentuk antibodi. Namun, walau fungsinya sebagai penghalang masuknya virus dan bakteri, amandel juga bisa “terjangkiti” virus dan bakteri. Jika ini terjadi, amandel Anda akan mengalami peradangan.

Seperti yang dijelaskan oleh dr, Mega di situs web Alodokter.com, peradangan amandel (tonsillitis) dibedakan menjadi akut dan kronis. Tonsilitis akut, yaitu peradangan yang berlangsung kurang dari tiga minggu. Sementara itu, tonsillitis kronis merupakan yang berlangsung lebih dari tiga minggu.

Apalagi jika Anda sudah menderita tonsillitis sejak kecil, Anda akan “akrab dengan penyakit ini. Anda akan lebih mudah terserang radang tenggorokan dan biasanya berlangsung cukup lama—dibandingkan orang normal yang tidak punya masalah pada amandel.

Banyak orang bertanya-tanya apakah mereka sudah perlu “membuang” amandel mereka atau masih bisa mempertahankannya. Kami menjabarkan beberapa indikasi yang bisa menjadi tanda-tanda bahwa amandel Anda sudah harus dioperasi.

Tak lagi merespons antibiotik

Pada dasarnya, infeksi pada amandel bisa disebabkan oleh virus dan bakteri. Untuk mengetahui Anda terserang infeksi apa, Anda harus mengonsultasikannya ke dokter THT. Untuk kondisi tonsillitis kronis karena bakteri, Anda akan diresepkan antibiotik. Nah, ini bisa menjadi tolok ukur. Jika saat sedang infeksi dan Anda meminum antibiotik dan radang Anda berangsur membaik, tandanya amandel Anda masih bisa disembuhkan. Dalam kondisi ini, Anda bisa menunggu saja hingga amandel Anda pulih.

Namun, jika Anda sudah mengalami tonsillitis kronis hingga berminggu-minggu dan tak lagi mempan diminumkan antibiotik hingga habis, saatnya mengambil tindakan lanjutan.

Sering kambuh

Orang yang memiliki masalah dengan amandelnya akan sangat sering terkena radang tenggorokan. Anda bisa membaca polanya. Jika Anda mengalami peradangan hingga tujuh kali selama setahun, tandanya amandel Anda sudah tak lagi berguna. Sebaiknya segera dibuang. Jika tidak, akan menimbulkan infeksi yang lebih parah lagi. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membuang amandel jika Anda mengalami radang hingga lebih dari lima kali dalam setahun atau lebih dari tiga kali dalam tiga tahun.

Seperti yang dialami Ernest, Warga Regency Melati Mas. DIa punya masalah dengan amandel sejak SD. Dia sampai terbiasa dengan radang tenggorokan yang datang hingga 4-5 kali setahun. “Saya pernah ke dokter THT dan diberikan patokan, jika sudah sering kambuh sampai 4 kali setahun, disarankan untuk diangkat. Jadi, akhirnya saya angkat saya dan sekarang sudah jarang sekali kena radang tenggorokan!”

Merasakan gejala lain

Radang tenggorokan ditandai dengan perubahan warna amandel dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Nah, Anda perlu perhatikan apakah Anda mengalami gejala lain yang tak biasa, misalnya sulit bernapas, sulit menelan, abses (penumpukan nanah), tidak lekas sembuh walau sudah mengonsumsi antibiotik hingga tuntas, dan mengalami sleep apnea.

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala di atas, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter THT dan meminta saran terbaik.

Penulis: Krista Rai

Foto: Freepik

Follow Instagram @etalaseserpong