Deretan Kuliner Ngehits Karena Diangkat Dalam Layar Kaca

73

Apa yang ada dalam film sering mencuri perhatian. Tak terkecuali untuk urusan makanan. Apalagi bila tema film seputar kuliner. Jadi ngehits dan diburu banyak orang.

Bahkan makanan yang memang sudah lama jadi tradisi saja bisa tiba-tiba trending. Seolah  barang baru yang belum ada sebelumnya. Tinggi pula animo orang ingin mencicipi makanan seperti di film yang kemudian dimanfaatkan para pedagang. Memenuhi rasa penasaran sambil merengguk banyak keuntungan.

Baca juga: Kopi Asal Indonesia Yang Jadi Idola Dunia

Kedai Kopi – Filosofi Kopi

Contohnya adalah film Filosofi Kopi. Film ini disebut-sebut sebagai penyebab menjamurnya cafe atau kedai kopi, antusiasme berbagai kalangan menghabiskan waktu di cafe, hingga meningkatnya produksi yang terkait dengan kopi. Khususnya biji pilihan dari daerah terkenal. Bukan kopi instan yang hanya perlu diseduh air panas.

Masakan Minang – Tabula Rasa

Masakan dari Minang dari dulu sudah terkenal kelezatannya. Tapi gara-gara film Tabula Rasa, masakan Padang tambah digemari. Apalagi beberapa adegan secara spesifik menyebutkan detail proses membuat makanan hingga matang. Gulai kepala kakap, rendang, sambal ijo, dan yang lain juga disajikan berderetan. Mata yang memandang dan perut yang kosong pun makin keroncongan. Siapa yang tahan?

Kekayaan Nusantara – Aruna Dan Lidahnya

Film ini memang ujian bagi lidah banyak orang. Sosok Aruna dan teman-temannya berhasil membuat makanan di Surabaya, Pamekasan, Pontianak, dan Singkawang jadi ngehits. Juga menghadirkan rasa rindu bagi para perantau untuk segera pulang. Dari makanan berat sampai camilan ringan ada disini. Sebut saja rawon, rujak soto, campur lorjuk, pengkang, nasi goreng Pontianak, choi pan, dan mie kepiting Singkawang.

Baca juga: Bisnis Kuliner Yang Bakal Terus Bersinar

Dorayaki – Doraemon

Semua pasti bisa menebak, khususnya generasi 90-an, mengapa kue Dorayaki bisa terkenal. Penyebabnya hanya satu, yakni serial Doraemon yang berkali-kali mengangkat kue tradisional dari Jepang ini. Mungkin dulu masih sangat jarang yang menjualnya. Tapi ini sudah mulai banyak yang menjajakan. Resepnya juga banyak beredar di internet dan cukup gampang dipraktekkan.

Ratatouille – Ratatouille

Hayo, siapa yang belum incip ratatouille? Ya, nama makanan khas Perancis ini diangkat ke film animasi dengan judul yang sama. Di dalam negeri sendiri juga telah banyak dimasukkan sebagai western food. Terdiri dari potongan sayur, seperti terong, zuchini, tomat, paprika, dan bawang. Semuanya dipanggang dan sangat cocok untuk para vegetarian.

Butterbeer – Harry Potter

Penggemar Harry Potter tentu tidak asing dengan suguhan minuman butterbeer di bar para penyihir. Warnanya kecoklatan dengan tumpukan busa putih di atasnya. Banyak yang penasaran bagaimana rasa yang sebenarnya. Ternyata mudah dibuat sendiri. Tinggal siapkan kuning telur, mentega, gula merah, vanili, dan soda. Bukan minuman yang memabukkan kan?

Baca juga: Peluang Untung Lewat Food Truck

Cubano – The Chef

Cubano, semacam sandwich isi daging khas Kuba, jadi ngehits karena diangkat di film The Chef. terlebih ditampilkan potongan daging yang menggiurkan, lelehan keju dan olesan mustard, lantas ditutup dengan roti panggang berwarna keemasan. Makin enak dinikmati saat masih hangat. Kabarnya film ini juga merangsang banyak juru masak ramai mendokumentasikan hasil olahannya di internet serta tumbuhnya bisnis food truck. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Freepik

Follow instagram: @etalaseserpong