Hadapi Persaingan Bisnis Secara Sportif

153
Pebisnis harus siap menghadapi persaingan.

Persaingan di dalam dunia bisnis akan selalu ada. Semakin besar kerajaan bisnis yang kamu bangun, semakin banyak pula kompetitor bisnis yang akan kamu hadapi. Satu hal penting yang dibutuhkan dalam berbisnis adalah memiliki sportivitas tinggi baik dalam kondisi menang mau pun kalah. 

“Kadang memang kita tidak bisa selamanya menganggap kompetitor itu musuh. Kompetitor bisa dijadikan rekan untuk membuat produk baru,” ujar Nita selaku Warga Gading Serpong.

Mengutip dari nathanjamail.com, bisnis yang kuat pastinya memiliki karyawan yang memiliki integritas tinggi. Tentunya hal tersebut didukung oleh pemimpin yang bisa membimbing karyawan bagaimana menghadapi persaingan secara adil. Apa sih pentingnya sportivitas dalam bisnis?

Kawal terus

Dua komponen penting yang menjadi kunci masa depan perusahaan adalah pemimpin dan karyawan. Bukan hanya pemimpin saja yang harus berwawasan luas dan berwibawa. Sebagai bos, kamu harus mengawal setiap karyawan yang bekerja di perusahaanmu. Berikan bimbingan terus menerus agar mereka selalu bersikap sportif dan tidak melakukan kecurangan demi mencapai kesuksesan. Nama baik karyawan sangat memengaruhi perusahaan yang menaungi dirinya.

Saling belajar dengan sesama kompetitor

Kata siapa kompetitor merupakan musuh yang harus dijauhi? Justru kamu harusnya merasa beruntung dengan adanya kompetitor yang bergerak di produk yang sama. Melakukan diskusi secara berkala dan saling belajar antar kompetitor sah-sah saja dilakukan selama memiliki tujuan yang positif. Ingat, saling belajar bukan berarti memberikan rahasia utama perusahaan. Kamu bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi di perusahaan lain agar bisa menghindarinya di kemudian hari.

Mencari mentor bisnis

Di zaman modern ini, pelaku bisnis banyak diuntungan dari berbagai aspek. Salah satu alasannya karena saat ini begitu banyak pelatihan atau kelas bisnis yang dipimpin oleh mentor berintegritas. Kamu harus mencari mentor yang mampu membimbingmu agar selalu menanamkan sikap sportif ketika berbisnis.

Selalu optimis dan positif

Selalu berusaha memandang  kegagalan secara positif merupakan satu hal yang bisa membuat seseorang memiliki nilai sportif di dalam dirinya. Ketika memulai bisnis, kamu harus yakin pada perusahaanmu sendiri agar kesuksesan perusahaan lain tidak membuatmu berkecil hati.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ DiggityMarketing

Follow instagram: @etalaseserpong