Lakukan Strategi Ini Agar Kamu Segera Lulus Kuliah

465

Rasanya sudah beberapa lama sejak masuk kuliah pertama kali, tapi kok kamu tak berhasil perform ya? Rasanya sudah tidak bisa dibilang masa penyesuaian lagi karena kamu sudah setengah jalan! lalu, kenapa kok terasa bangku kuliah begitu sulit, ya, untuk beberapa orang?

Ada beberapa mata kuliah yang begitu terasa sulit. Semakin dijalani, semakin banyak yang terasa sangat sulit sampai akhirnya kita sadar: harus mengulang banyak mata kuliah! Sementara, waktu terus berjalan, apa yang bisa dilakukan?

Kurangi beban akademis

Ketika kamu selalu merasa kelelahan saat menjalani kuliah, mungkin saatnya kamu mengecek kembali beban akademismu. Apakah SKS yang kamu ambil setiap semester memang sudah sesuai dengan kemampuanmu? Lakukan strategi sederhana, misalnya dengan memilah mata kuliah yang akan diambil. Distribusikan beban dengan merata. Hindari mengambil terlalu banyak SKS—hanya karena ingin lulus cepat atau ikut-ikut teman, juga beberapa mata kuliah “killer” di semester yang sama.

Stop berorganisasi

Jika kamu termasuk salah satu mahasiswa yang ekstra aktif di organisasi, tentunya itu akan sangat baik bagi masa depanmu. Namun, jadikan hal ini sebagai peringatan kalau sudah mengganggu perkuliahanmu. Tentunya, kuliah tetap harus menjadi prioritas utama, yang lainnya sebagai bonus. Kurangi kesibukanmu berorganisasi dan mulailah mengambil lebih banyak waktu untuk “hadir penuh” di kelas-kelas dan menyimak dengan saksama.

Bijak mengatur waktu

Pengaturan waktu adalah kunci utama keberhasilanmu melewati masa-masa kuliah! Jika saat ini kamu sedang kuliah sambil bekerja atau bisnis, coba tata kembali waktumu. Sediakan porsi yang cukup untuk kamu bisa fokus dengan kuliahmu. Jangan dibalik, kamu terlalu sibuk dengan pekerjaanmu, sementara kuliahmu sering terbengkalai.

Jika perlu, kamu bisa mengurangi waktu bekerja/meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan bisnismu saat kamu sedang ada di kelas-kelas.

Mitha, mahasiswa kedokteran Atmajaya, Serpong, pernah kesulitan mengikuti satu semester karena sempat melakoni bisnis jastip. “Bisnis lagi kebanjiran order, aku ‘ketagihan’ untuk makin sering open jastip. Alhasil, banyak bolos kuliah, pas tugas akhir cukup keteteran. Saat itu langsung dapat teguran dari orang tua. Sekarang aku masih open jastip, tapi lihat kondisi. Kalau sedang full di kampus, aku off (buka jastip) dulu,” ujarnya.

Berfokus pada satu hal di satu waktu

Fokus adalah hanya yang harus dilakukan agar kita bisa memahami sesuatu. Nah, ketika kamu sedang ada di kelas, usahakan agar pikiranmu tak melayang ke mana-mana. Fokuslah pada momen saat itu. Ada kalanya, pada mata kuliah yang cukup sulit, kamu hanya perlu fokus, yang akan sangat membantumu dalam mengerjakan serangkaian tugas di akhir semester.

Minta dukungan orang terdekat

Dukungan dari orang terdekat adalah yang paling mujarab! Minta bantuan sahabat, pacar, orang tua untuk terus mengingatkanmu kalau kamu bisa menyelesaikan tugas-tugasmu satu per satu. Jika kamu sudah terlanjur harus mengulang di beberapa mata kuliah, tidak apa-apa. Selesaikan satu per satu dan nikmati prosesnya!

Terlambat lulus masih lebih baik ketimbang tidak lulus sama sekali! Yuk, kumpulkan lagi semangatmu dan yakinlah kalau kamu bisa melewatinya!

Penulis: Krista Rai

Foto: Racool_studio/Freepik

Follow IG: @etalaseserpong