Harapan Ibu Mertua Pada Menantu Perempuannya

28
Orangtua selalu mengharapkan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Saat puteranya menikah, seorang ibu memiliki sejuta keinginan pada menantu perempuannya. Meski kadang jarang diungkapkan, namun tetap berharap menantu mengetahui dan mau memahami.

Sebab kelak anaknya akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan istrinya. Mengambil alih sebagian tugas yang dulu dilakukan oleh dirinya. Atau alasan-alasan lain demi kebaikan relasi pernikahan anak dan menantunya. Sehingga saat putranya berubah status sebagai kepala keluarga, hati ibu dapat tenang karena punya menantu yang bisa diandalkan. Mendampingi putranya sepenuh hati.

Sayangnya, dari harapan ini pula, hubungan antara ibu mertua dan menantu perempuan tak selalu harmonis. Pasang surut penuh drama kerap mewarnai. Lantaran kendala dalam komunikasi. Menyimpan harapan yang tak dilisankan, sementara menantu tak juga peka dengan keinginan ibu mertua.

Aku ibunya dan ibumu

Sejak pertemuan pertama atau di momen mengikat janji, ibu mertua berharap menantunya tahu bahwa ia adalah ibu dari anaknya sekaligus ibu barunya. Ingin diperlakukan layaknya orang tua kandung.

Dihormati, disegani, juga dijunjung tinggi. Tapi juga dianggap sebagai teman, tempat berkeluh kesah, curhat, dan dimintai pendapat. Menjadi sosok penting dalam hidup baru menantunya.

Be a lady

Be a lady, menjadi seorang perempuan yang tangguh.

Berharap sang menantu menggunakan segala daya upaya menghadapi segala situasi.

Bertanggung jawab atas putusan dan konsekuensi yang diambilnya, terutama pada cucu-cucunya kelak. Tak gampang menyerah dengan kesulitan, serta tak mudah mengeluh dengan hambatan. Baik berskala kecil maupun besar.

Bahagiakan anakku

Dan yang sering tak terungkap tapi cukup jelas dalam harap, adalah bahagiakan anakku. Harapan setiap ibu melihat anaknya hidup tenteram dan harmonis. Bersama melewati suka dan duka. Terus ada untuk putranya, khususnya ketika krisis datang ke rumah tangga mereka.

Menjadi bahu sandaran saat sang ibu tak bisa lagi menemani putra mereka. Berharap selalu melihat senyum bahagia pada wajah sang anak dan tak menyesal memilih seorang perempuan yang akan menemani sisa usianya.

Dekat denganmu

 

“Aku juga ingin dekat denganmu, mengenal dirimu, dan menjadi sahabatmu.” Apa yang ingin menantu cita-citakan dan inginkan dari ibu mertuanya. Begitulah harapan lain yang ingin dikatakan ibu mertua. Mengharap sedari awal ada kesempatan terbuka untuk menjalin komunikasi. Kemudian berlanjut pada relasi yang hangat dan saling berbagi satu sama lain. Walau tiap hari tak selalu bertemu atau terpisah ribuan kilo jauhnya. Bukan seorang ibu yang ditakuti atau sejak awal dianggap sebagai musuh.

Pahami aku

Di sisi lain ibu mertua meminta ingin dimengerti. Karena dia tahu dunianya berbeda dengan dunia putra dan menantunya. Ada norma, nilai, dan gaya yang tak bisa untuk disamakan. Juga karena faktor dirinya, seperti kesehatan dan hidup sendiri, yang perlu untuk dipahami.

Jaga kehormatan keluarga

Karena menantu telah menjadi anaknya, maka jaga kehormatan keluarga. Terutama di depan keluarga besar yang tak bisa diabaikan sebab adanya pernikahan. Ibu mertua sangat berharap menantu dapat menjaga nama baik, reputasi, dan segala yang melekat pada dirinya. (LAF)

Foto ilustrasi: Pixabay.com/JacksonDavid

Follow Instagram @etalaseserpong