Hati-Hati! Makan Terlalu Cepat Beresiko Bagi Kesehatan

26
Jangan menelan makanan terlalu cepat.

Katanya makan terlalu cepat bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Tapi ternyata ada yang jauh lebih berbahaya dari sekadar bertambahnya angka timbangan. Selain bisa menyebabkan tersedak, cepat-cepat menelan makanan juga bisa menimbulkan penyakit dalam metabolisme tubuh serta memicu gula darah naik mendadak. Wah ngeri juga ya?

“Sebenarnya makan cepat ini bisa dilihat dari lifestyle ya. Kita kerja lembur bisa sampai subuh, tidur hanya sekitar satu sampai dua jam, bangun pagi ya pasti mepet. Kalau sudah begitu ya antara makan cepat atau makan asal-asalan. Seringnya sih skip breakfast atau lunch kalau sudah tidak ada waktu sama sekali walaupun tidak baik bagi kesehatan,” ujar Nesya selaku warga Gading Serpong.

Mengutip dari cleaneatingmag.com, makan secara cepat saat ini sudah menjadi kebiasaan melihat gaya hidup orang modern sangat jauh berbeda dengan zaman dahulu. Kini semua serba dilakukan dengan cepat agar tidak terlambat pergi ke sekolah atau ke kantor. Bisa bahaya nih jika bosmu di kantor suka ngomel kalau karyawan ada yang telat datang. Hiii!

Mulai sekarang coba deh makan agak pelan agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga. Simak ulasan berikut ini.

Peradangan pada perut

Jika tidak dikunyah secara maksimal, makanan yang masuk ke dalam usus masih bertekstur kasar. Akibatnya organ usus yang akan mengalami peradangan akut. Makanan yang masih bertekstur keras beresiko melukai dinding usus. Peradangan akan semakin menggerogoti lapisan dinding usus sampai tukak bagian dalam.

Memicu penyakit obesitas

Makan terlalu cepat menyebabkan seseorang tidak merasa puas dengan makanannya sendiri. Akibatnya dia akan makan lagi dalam porsi yang besar. Tubuh memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengirimkan sinyal tanda kenyang ke stimulus otak. Ini lah yang menyebabkan makan terlalu cepat bisa membuat seseorang mengalami kegemukan. Mengunyah makanan hingga halus perlu dilakukan sebanyak 20-30 kali kunyahan. Jika terus dibiarkan, tubuh akan mengalami resistensi insulin pemicu diabetes tipe 2.

Penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung atau yang biasa disebut dengan GERD bisa disebabkan oleh makan terlalu cepat. Kok bisa? Yup, Makanan yang masih utuh masuk ke organ usus dan lambung akan menyebabkan sesak napas dan membuat asam lambung naik secara mendadak. Kondisi ini kemudian membuat gejala GERD sulit diatasi bahkan menjadi penyakit permanen di dalam tubuh.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/khamkhor

Follow Instagram @etalaseserpong