Jangan Terlalu “Sesumbar” Ketika Bertemu Orang Baru

42
Jangan membuka jati diri seutuhnya kepada orang lain.

Bagi kamu yang supel dan mudah berteman dengan siapa saja rasanya tidak sulit untuk ngobrol dengan orang baru. Keterbukaan dalam bersosialisasi memang bisa menghadirkan banyak potensi seperti jaringan pekerjaan atau bahkan mendapatkan jodoh yang selama ini dicari. Terus menerus tertutup terhadap orang lain pada akhirnya akan membuatmu kesulitan dalam berbagai aspek kehidupan.

Meskipun begitu, tentu saja kamu wajib pasang mode jinak-jinak merpati ketika berbincang dengan orang yang baru saja dikenal. Menurut medium.com, kamu tidak akan pernah tahu isi hati terdalam dari orang lain apalagi jika baru berkenalan. Alangkah baiknya untuk jangan terlalu terbuka dan lebih banyak mendengarkan saja daripada keterbukaanmu dimanfaatkan oleh orang baru sehingga akhirnya membuatmu mengalami kerugian.

Dimanfaatkan

Ada kesan tersendiri ketika baru kenal dengan orang baru. Kamu pasti senang diajak kenalan dan ternyata punya chemistry ketika ngobrol lama. Tapi kamu harus hati-hati. Bisa jadi sebenarnya orang tersebut sengaja berkenalan denganmu untuk semata-mata memanfaatkan saja. Biasanya sih orang ini tahu informasi tentang dirimu melalui teman-teman di sekitarmu.

Dijadikan bahan gosip

Yang namanya gosip itu bermula dari mulut ke mulut. Meskipun kamu merasa selama ini tidak memiliki musuh dan berhubungan baik dengan teman sekitar, bisa saja ada yang diam-diam memendam iri kepadamu. Mereka bisa dengan licik mengirim “utusan” untuk mendekati dan mengorek informasi darimu secara lebih dalam. Untuk apa? Tentu saja untuk dijadikan bahan gibah antar mereka.

Kehilangan privasi

Manusia memang makhluk sosial yang pasti berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesama. Tapi ada baiknya jika kamu menjaga privasi. Kenyamanan dan keamanan dalam menjalani hidup ini tergantung bagaimana kamu dengan sekuat tenaga menjaga privasi. Jika kamu terbiasa membeberkan segala informasi tentang hidupmu, bisa-bisa kamu tanpa disadari menyebutkan hal yang sensitif seperti pin ATM atau isi saldo rekening. Kalau sudah begini sih orang lain bisa dengan mudah berbuat jahat kepadamu.

Membuka jati diri

Kata siapa kamu harus terbuka mengenai jati dirimu di hadapan orang lain? Justru kamu harus selalu menyembunyikan apa yang ada di balik senyum dan hatimu yang terdalam. Meskipun kamu harus selalu ramah dan sopan santun di hadapan orang lain, kamu tidak perlu menunjukkan bagaimana karaktermu yang sesungguhnya kok. Setiap orang tentunya memiliki sisi baik dan buruk. Orang lain bisa dengan mudah menjatuhkan dirimu jika mengetahui kelemahan dan kekuranganmu.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ designmeliora

Follow Instagram: @etalaseserpong