Jenis Tanaman yang Bisa Mempercantik Rumah

218

Memelihara tanaman tak terbatas hanya di teras atau halaman belakang. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa diletakkan di dalam ruangan yang bisa mempercantik ruangan. Selain untuk menyempurnakan penampilan rumah, tanaman-tanaman tersebut juga punya fungsi lainnya, lho. Salah satunya membuat ruangan terasa lebih sejuk di siang hari karena mereka memproduksi oksigen di siang hari! Jadi, hitung-hitung, tak perlu menyalakan kipas angin atau AC saat suhu ruangan sedang cukup hangat!

Berikut beberapa tanaman yang bisa Anda pilih untuk menyemarakkan ruangan!

Tillandsia

Tanaman ini memiliki daun yang kaku dan menjuntai ke luar. Tanaman ini sangat mudah dirawat bahkan tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup. Anda bisa meletakkan tillandsia pada terrarium yang dilubangi untuk memberikan sirkulasi udara yang banyak.

Lidah buaya

Tanaman dengan nama Latin Aloe vera ini masuk ke dalam keluarga sukulen. Tanaman ini sangat mudah perawatannya karena bisa bertahan di suhu yang sangat panas dan paparan matahari yang terik. Jika Anda meletakkannya di dalam rumah, pastikan untuk rutin “menjemurnya” selama beberapa waktu karena lidah buaya sangat menyukai sinar matahari.

Tanaman ini juga merupakan tanaman obat yang berguna untuk mengobati luka bakar ringan.

Ade, warga Villa Serpong, mengaku kalau menyimpan lidah buaya di area dapur. “Saya meletakkan satu pot kecil lidah buaya di dekat dapur. Saya membutuhkan tanaman ini karena sewaktu-sewaktu saya bisa saja terkena cipratan minyak panas saat memasak. Saya biasanya tinggal memetic sedikit bagian dari lidah buaya dan langsung mengoleskannya ke bagian yang luka. Jadi, luka bakarnya tidak akan sampai berbekas,” ujarnya.

Anthurium

Tanaman ini memiliki kelopak bunga yang indah berwarna merah muda. Tentunya akan mempercantik kamar atau ruang tamu Anda! Anda bisa meletakkan satu pot kecil anthurium di sudut ruangan yang diinginkan. Untuk membuatnya tetap merekah indah, letakkan di sudut ruangan yang mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup. Namun, jangan meletakkannya langsung di bawah sinar matahari.

Daun asparagus

Siapa yang tak terpikat dengan tanaman yang masuk keluarga lili ini? Daunnya berwarna hijau segar dengan bentuk yang kecil dan mengembang. Tanaman ini biasanya dipilih untuk menghiasi area belakang rumah dengan cara digantung. Kesan sejuk pun semakin terasa ketika tamu melihat tanaman ini!

Lidah mertua

Tanaman yang sangat populer ini masih menjadi favorit mereka yang gemar berkebun. Tanaman hias ini sangat mudah perawatannya dan terkenal mampu membersihkan ruangan dan polusi, debu, dan racun.

Letakkan tanaman ini di sudut yang teduh, terhindari dari sinar matahari langsung. Tanaman ini merupakan tanaman yang dapat bertahan walau tanpa air. Jadi, jangan sering-sering menyiramnya, ya!

Peperomia

Tanaman mungil ini bisa jadi pilihan ideal untuk menghias rak maupun meja berukuran kecil. Daunnya berukuran kecil dan tebal sehingga mampu bertahan hidup tanpa air dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, tanaman ini bisa hidup hanya dari cahaya lampu. Jadi, perawatannya sangat mudah!

Peace lily

Jika Anda menyukai tanaman hias yang berbunga, peach lily bisa menjadi pilihan yang tepat. Penampilannya cantik dan dia punya kemampuan untuk membersihkan udara. Anda bisa mendapatkannya dengan berbagai varian ukuran, disesuaikan dengan ukuran ruangan dan kebutuhan Anda.

Kira-kira, mana yang akan Anda pilih untuk menghiasi sudut rumah?

Penulis: Krista Rai

Foto: Lisa Fotios/Pexels

Follow IG: @etalaseserpong