Kapan Perlu Bawa Sepeda Ke Bengkel?

160
Sepeda juga butuh perawatan khusus.

Bengkel sepeda kembali semarak seiring ramainya hobi bersepeda di era pandemi ini. Siap menampung segala keluh kesah para penggemar gowes. Namun, kapan sebaiknya Anda dan sepeda kesayangan perlu pergi ke bengkel?

Karena adakalanya masalah yang menimpa sepeda tidak bisa ditangani sendiri. Seperti mobil atau motor yang juga perlu penanganan dari tangan yang lebih ahli. Terutama yang ingin bersepeda dengan lancar, tapi masih awam mengenali performa sepedanya sendiri. Sehingga bantuan dan saran dari bengkel tentu amat dibutuhkan.

Baca juga: Mudah Dan Mandiri Merawat Sepeda

Selain itu, bengkel juga merupakan tempat yang tepat untuk mengenali gejala-gejala awal datangnya suatu masalah. Sendiri-sendiri maupun serentak. Jadi, sedari awal bisa ditangani sedini mungkin. Tak peduli harga belinya tinggi atau sedang-sedang saja. Perawatan yang baik dari bengkel tetap dibutuhkan begitu ada masalah.

Apalagi bengkel sepeda mayoritas memang berisi orang-orang yang ahli di bidangnya. Mengenal jenis-jenis sepeda dan seluk beluknya. Sepeda tak hanya mendapatkan pengobatan, namun juga saran-saran terbaik supaya berumur panjang dan terus layak digowes di atas aspal.

Servis ringan

Tak harus bersangkutan dengan masalah-masalah berat. Membawa sepeda untuk sekadar servis ringan tetap sah-sah saja. Terutama untuk sepeda yang telah lama tidak dipakai tapi ingin diajak aktif lagi.

Biasanya servis ringan meliputi pembersihan fisik sepeda dari segala kotoran, karat, juga minyak yang menempel. Lalu memantau sejauh mana kelaikan organ-organ sepeda. Ada yang perlu dipertahankan atau diganti.

Ganti suku cadang

Kemudian ganti suku cadang adalah alasan umum yang kerap terdengar mengapa sepeda perlu berkunjung ke bengkel. Dari mengganti ban, mengoleskan minyak-minyak khusus, meminta rantai sepeda yang baru, bagian letter S dan gir yang kabarnya kini paling banyak dicari oleh para pesepeda.

Baca juga: Aksesoris Penting Dan Keren Untuk Sepeda

Maraknya ganti suku cadang bahkan membuat harganya melambung dan membuat banyak bengkel sepeda kewalahan. Bila Anda sampai mengalami atau ditolak oleh bengkel karena ramainya antrean, coba cari suku cadang ke komunitas sepeda. Barangkali punya info valid beserta harga yang tetap terjangkau. Apalagi jika bukan untuk menjamin keawetan jalannya sepeda setiap saat.

Merakit dan modifikasi

Lalu keinginan merakit dan modifikasi sepeda juga jadi latar belakang bertandang ke bengkel. Sebab bengkel punya alat-alat yang lebih komplit untuk memasang. Plus tangan-tangan yang lebih terampil memvisualisasikan keinginan setiap pelanggan yang datang.

Dari membantu memilihkan warna yang tepat, memasang stiker agar pas ditempatnya, menerangkan kelebihan kekurangan tiap alat yang ditambahkan ke sepeda, dan sebagainya. Tempat mana lagi yang paling sesuai jika bukan bengkel. Terlebih jika di dekatnya ada kafe. Sambil menunggu sepeda dalam wajah baru, menyesap secangkir kopi tentu akan menjadi paduan yang sempurna.

Baca juga: Harga Sepeda Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Tukar tambah

Bengkel juga menjadi jawaban tepat jika ingin punya sepeda baru tapi tak mau mengeluarkan banyak dana. Lantaran beberapa bengkel melayani tukar tambah sepeda. Ada yang gres, ada pula sepeda bekas dengan kreasi modifikasi. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow instagram: @etalaseserpong