Kenalan Sama Siwi dan Hebony Si Alpaca Lucu dan Menggemaskan di Scientia Square Park

841
Interaksi langsung dengan alpaca di Scientia Square Park, Gading Serpong.

Akhir-akhir ini banyak sekali video mengenai Alpaca bernama Siwi dan Hebony yang viral melalui Tiktok. Pasalnya, kamu bisa berinteraksi langsung dan berswafoto ria bersama hewan lucu ini di Scientia Square Park, Gading Serpong. Di sana kamu juga bisa menemukan hewan lain seperti kuda poni, keledai, dan berbagai jenis burung. Untuk masuk ke area tersebut kamu harus membayar tiket seharga Rp. 35.000 di hari biasa dan Rp. 70.000 di hari weekend. Untuk bertemu dengan Alpaca sendiri hanya bisa dikunjungi pada jam 08.00 – 10.00 dan  16.00 – 18.00.

Ada hewan lain seperti keledai, kuda poni, dan berbagai jenis burung.
Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan kuda poni.

Seperti yang dilansir dari livescience.com, alpaca sendiri sebenarnya masih satu famili dengan hewan unta. Itu lah sebabnya bentuk tubuhnya hampir mirip dengan unta. Perbedaannya terletak pada punggung alpaca yang tidak memiliki punuk seperti unta pada umumnya. Karena hal ini alpaca disebut-sebut lebih menyerupai llama yang juga masih satu famili dengan unta. Ketiga hewan yang masih bersaudara ini sering dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup manusia. Hewan unta dan llama biasa dipelihara untuk diambil dagingnya atau dijadikan binatang pengangkut. Sedangkan untuk alpaca sendiri dipelihara untuk diambil bulu serta dagingnya. Yuk simak fakta-fakta menarik mengenali alpaca.

Tim Etalase Serpong berinteraksi dengan Siwi (Putih) dan Hebony (Hitam) si alpaca.

Jenis terkecil dari famili unta

Meskipun satu keluarga dengan unta dan llama, tubuh alpaca jauh lebih kecil sehingga tidak dijadikan sebagai hewan pengangkut. Bulu alpaca pun jauh lebih tebal jika dibandingkan dengan unta dan llama. Alpaca memiliki karakter yang lembut dan tidak mudah menyerang. Hal ini kemudian menjadikannya sebagai hewan sosial yang tidak berbahaya jika berinteraksi dengan manusia seperti hewan peliharaan. Namun, jika alpaca tidak suka terhadap sesuatu, mereka akan meludah sebagai bentuk ekspresi diri.

Bulu yang sangat kuat

Bulu alpaca memiliki predikat sebagai bulu super berkualitas tinggi. Selain keindahannya yang menyerupai wol pada domba, bulu alpaca disebut-sebut tahan api! Tak heran jika nilai jual bulu alpaca cukup tinggi.

Pemotong rumput alami

Alpaca tidak pernah memakan rumput sampai ke akarnya. Itu lah sebabnya hewan ini cocok dipelihara sebagai pemotong rumput alami di halaman rumah. Eitsss tunggu dulu… untuk membeli hewan imut ini kamu perlu merogoh kocek sekitar 15 juta rupiah per ekor!

Salah satu hewan purba

Alpaca masih termasuk ke dalam daftar salah satu hewan purba yang masih ada hingga saat ini. Alpaca ternyata sudah ada sejak 6000 tahun silam lho. Di zaman dahulu, alpaca kebanyakan dipelihara oleh Suku Inca untuk dimanfaatkan sebagai hewan pengangkut dan produksi bulu.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto: Tim ETALASER/ Maria

Follow Instagram @etalaseserpong