Kenali Perbedaan Essence, Serum, dan Pelembap

18
Membedakan berbagai jenis skin care dari fungsinya.

Buat kaum hawa, rutinitas perawatan wajah adalah kewajiban sehari-hari. Sayangnya urutan rangkaiannya kerap membingungkan. Plus istilah produk yang tidak mudah dibedakan. Terutama produk essence, serum, dan  pelembap. Jadi, coba dari sekarang lakukan langkah yang benar dengan produk yang tepat.

Memang pada dasarnya ketiga produk tersebut berfungsi untuk menjaga kelembapan wajah. Tetapi menerapkan urutan yang salah, amat memungkinkan manfaatnya jadi tak optimal. Di samping adanya potensi memberikan efek yang tidak diinginkan pada wajah. Misalnya proteksi terhadap paparan sinar matahari tidak berjalan sebagaimana mestinya.

 Selain itu, intip terlebih dulu rekomendasi produk sebelum membeli. Cocokkan dengan kondisi kulit sendiri. Jangan mudah tergiur dengan ketenaran promosi atau harganya yang lebih miring dari produk lain. Minimal tidak memperparah kondisi yang seharusnya bisa diperbaiki oleh produk yang dibeli. Atau tidak mengubah kondisi yang sudah parah menjadi berlipat-lipat lagi derajatnya.

Essence

Setelah wajah dibersihkan, awali rangkaian perawatan wajah dengan produk yang bernama essence. Ia diformulasikan untuk mencerahkan, mengencangkan, dan menenangkan kulit. Mengandung humekton atau emolien (dapat pula keduanya) yang menarik air dan melembapkan kulit.

Air yang merupakan bahan utama, dengan zat chauffeurs seperti gliserin dan hyaluronic acid (humektan) atau shea butter, dan minyak squalane (emolien) akan turun hingga ke dalam lapisan dermis. Namun jangan dibayangkan bertekstur berat. Konsentrasinya rendah dan bersifat ringan, sehingga amat mudah terserap.

Direkomendasikan memilih produk essence yang mengandung antioksidan. Seperti vitamin A, C, dan E. Khususnya bagi kulit berjenis kering, mengalami dehidrasi parah, juga bagi perempuan usia di atas 30 tahun.

Serum 

Urutan kedua ialah pemakaian serum. Fungsinya untuk regenerasi kulit, melawan keriput, noda hitam, jerawat, dan rona wajah yang tidak merata. Kebanyakan dibuat dari bahan dasar air. Dan tidak mengandung minyak sama sekali, di mana justru dapat menutupi pori-pori.

Hampir sama dengan essence. Serum amat mudah terserap kulit. Pemakaiannya juga tak perlu banyak-banyak. Cukup 1 hingga 2 tetes sudah cukup melingkupi seluruh permukaan wajah dan leher. Lalu diamkan barang sebentar sampai terasa meresap, dan baru lanjutkan dengan rangkaian berikutnya.

Sangat disarankan, penggunaan serum yang lebih kaya vitamin C lebih baik digunakan saat pagi hari atau siang. Sangat efektif terhadap menghadapi tabir surya. Sementara serum dengan bahan retinol paling maksimal bekerja bila diaplikasikan saat malam hari.

Pelembap 

Terakhir rangkaian perawatan wajah yakni pelembap. Sering pula disebut dengan moisturizer. Umumnya dihadirkan berupa krim atau gel yang sangat halus. Perlu diterapkan pada seluruh bagian wajah dan leher. Guna menjaga kelembapan dari dinginnya AC, sinar matahari, maupun angin. Jangan khawatir dengan daya lengketnya serta wajah bakal nampak berminyak. Sekarang banyak dijual pelembap yang teksturnya cepat meresap dan tidak membuat muka kinclong berlebihan.

Bagi yang berkulit berminyak, pilih pelembap yang kaya kandungan non-comedogenic, yang mana tak akan menutupi pori-pori. Akan tetapi untuk pemilik kulit sensitif, sebaiknya benar-benar perhatikan bahan yang tercantum, terutama bahan pewangi yang bisa memperparah kondisi kulit. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pixabay.com/stevepb

Follow Instagram @etalaseserpong