Kenapa Sih Kamu Susah Dekat dengan Orang Lain?

28
Alasan kamu sulit dekat dengan orang lain.

Pernah kah kamu merasa kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain? Maksud hati sih ingin punya teman ngobrol, tapi giliran ada yang datang, kamu ogah-ogahan. Tanpa disadari, kamu sebenarnya termasuk orang yang tidak mudah percaya kepada orang lain. Bagaimana mau memiliki sahabat dekat jika kamu terlalu takut untuk membuka diri?.

Seperti yang dikutip dari connectionculture.com, tidak ada salahnya membatasi pertemanan. Karena memilih seseorang yang bisa dipercaya menjadi teman dekat dalam berbagi suka dan duka sama seperti mencari jarum di tumpukkan jerami. Mungkin ini alasan kamu mengalami kesulitan untuk dekat dengan orang lain.

Introvert

Introvert sering disalahartikan sebagai pribadi yang sombong dan tidak mau bergaul dengan orang lain. Bukannya sombong, seorang introvert memang memiliki kepribadian yang tertutup dan cenderung senang melakukan banyak hal sendirian. Seorang introvert bukan berarti anti-sosial, mereka hanya tidak suka berkumpul dengan banyak orang dan sangat selektif dalam memilih teman.

Pernah kecewa

Jika tadinya kamu senang berkumpul dengan banyak teman dan kemudian berubah menjadi penyendiri yang sulit dekat dengan orang lain, bisa jadi ini dipengaruhi oleh peristiwa pahit yang pernah terjadi kepadamu. Setiap orang pasti pernah mengalami pasang surut kehidupan termasuk dalam relasi pertemanan. Wajar saja kamu sulit dekat dengan orang lain jika pernah dikecewakan.

Terbiasa mandiri

Setiap keluarga pastinya memiliki pola didik yang berbeda. Sebagian memilih mendidik anaknya untuk mandiri sejak kecil agar terbiasa hidup sendiri tanpa bergantung dengan orang lain hingga dewasa. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan seseorang kesulitan mendapatkan teman dekat. Bukannya tidak mau, hanya saja dia sudah terbiasa untuk hidup sendiri.

Tidak suka basa-basi

Ada orang yang memiliki karakter cerewet dan senang mengobrol dengan banyak orang, ada juga yang tidak suka basa basi. Mereka yang masuk ke golongan anti basa basi club memang cukup sulit untuk dekat dengan orang lain. Karena selain tidak suka basa basi, mereka juga enggan mengeluarkan energi untuk melakukan pendekatan kepada orang lain.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ pixel2013

Follow instagram: @etalaseserpong