Kenapa Sih Orang Bisa Malas Ngobrol Sama Kamu?

113
Jangan sampai orang malas ngobrol sama kamu.

Pernah enggak sih kamu lagi ngobrol sama teman tapi dia terlihat bosan dan malah sibuk main handphone? Enggak cuma dia saja, tapi temanmu yang lain juga memberikan respon serupa ketika sedang berbicara dengamu. Nah, bisa jadi mereka sebenarnya tidak suka dengan sikapmu ketika sedang mengobrol.

“Kadang malas juga sih ya ngobrol sama teman apalagi kalau enggak dekat dan enggak ada topik menarik. Semakin dewasa juga jadi semakin fokus sama diri sendiri aja dan mulai mengurangi interaksi dengan orang lain terutama yang baru dikenal,” ujar Yovan selaku warga Gading Serpong.

Dikutip dari aconsciousrethink.com, tidak semua orang bisa menerima semua sikapmu. Terlebih jika ternyata selama ini masalahnya ada di dalam dirimu. Seringkali seseorang tidak menyadari bahwa dirinya tidak memiliki empati ketika berbicara dengan orang lain. Alhasil tidak ada lagi orang yang mau berinteraksi sosial denganmu. 

Banyak bicara tanpa mendengarkan

Coba diingat kembali. Apakah kamu pernah memberikan kesempatan untuk lawan bicaramu balik bercerita setelah kamu selesai curhat? Kalau tidak, sebaiknya kamu buru-buru introspeksi. Pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan hubungan mutualisme dalam berinteraksi secara sosial. Jadi, bukan hanya kamu saja yang perlu didengarkan.

Sombong

Dikit-dikit pamer harta dan jabatan. Bukannya tidak boleh, tetapi kamu harus memahami bahwa uang merupakan topik yang sensitif bagi sebagian besar orang. Daripada kamu dicap sombong dan dijauhi oleh banyak teman, lebih baik bicarakan hal-hal yang bisa membangkitkan motivasi baik dalam hidup mau pun karier.

Tidak punya rasa empati

Penggosip jarang sekali memiliki teman yang tulus dan bertahan lama. Biasanya mereka dekat-dekat dengan si penggosip hanya karena ingin menggali informasi terhadap seseorang tanpa benar-benar ingin ngobrol dengannya. Jauhi sifat bergosip agar orang lain mau mengobrol denganmu secara tulus.

Topiknya tidak menarik

Bersahabat bertahun-tahun tidak memungkinkan orang tersebut akan selalu nyaman berbicara denganmu. Topik pembicaraan juga memengaruhi ketertarikan seseorang ketika sedang mengobrol dengan dirimu. Perluas wawasan dan lingkaran pertemanan agar topik obrolan tidak monoton. Jika lawan bicaramu sudah mulai menunjukkan gestur bosan, sebaiknya cepat memikirpan topik baru!.

 

Penulis: Maria Theresia 

Foto ilustrasi: Pixabay/ RyanMcGuire

Follow instagram: @etalaseserpong