Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Baker Pemula

40
Kesalahan yang perlu dihindari saat pertama kali membuat kue.

Proses membuat kue memang beresiko tinggi untuk gagal jika tidak mengukur bahan atau menggunakan teknik yang tepat. Para artisan bakery pun masih sering melakukan kesalahan meskipun sudah jutaan kali membuat kue. Karena ada banyak sekali komponen yang perlu diperhatikan ketika membuat kue seperti suhu ruangan dan kualitas bahan.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, menurut Buzzfeed Inc, kesalahan yang biasa dilakukan para pemula cenderung kecil dan berupa kecerobohan belaka. Dijamin anti gagal jika kamu membaca resep secara seksama. 

Wajib membaca resep secara teliti.

Gengsi membaca resep

Ini dia penyakit para baker pemula. Rasanya gengsi sekali untuk membaca resep karena awalnya menganggap membuat kue merupakan hal yang mudah. Padahal resep sangat dibutuhkan untuk mencari bahan serta mengukurnya secara tepat. 

Membuat kue memerlukan takaran bahan yang tepat.

Meremehkan takaran

Menurut intruksi sih harus menggunakan tepung 200 gram/ 2 cups. Tapi diukurnya menggunakan mangkuk bakso atau cangkir minum. Wah ini dia yang sering terjadi ketika sedang mengukur bahan. Hanya karena ada keterangan pembanding, para baker pemula menganggap alat yang ada di dapur sudah cukup tepat untuk digunakan.

Tidak memahami perbedaan bahan dari fungsinya.

Tidak bisa membedakan bahan

Baking soda dan baking powder seringkali dianggap sama oleh para pemula. Padahal keduanya memiliki peran yang berbeda meskipun sama-sama dijuluki sebagai pengembang.

Harus menggunakan bahan dengan suhu ruangan.

Pentingnya membiarkan bahan pada suhu ruangan

Bahan-bahan yang disimpan di dalam lemari pendingin tidak boleh langsung digunakan untuk membuat kue. Ada istilah penting dalam dunia bakery yaitu “bahan dalam suhu ruangan” karena membuat kue sama seperti belajar fisika. Dalam suhu tertentu bahan tidak bisa bereaksi atau mengembang dengan sempurna sehingga hasilnya pun tidak akan sempurna.

Temperatur oven disiapkan sebelum membuat adonan.

Tidak mempersiapkan oven

Setelah selesai membuat adonan, ternyata kondisi oven belum hangat. Nah ini dia kesalahan sederhana alias ketoledoran para baker ketika membuat kue. Adonan yang baru jadi harus segera dipanggang sesuai dengan suhu yang ada pada ketentuan agar seluruh komponen di dalamnya segera terkunci.

Temperatur oven disiapkan sebelum membuat adonan.

Adonan belum tercampur rata

Mengaduk adonan dengan menggunakan mixer atau manual sama-sama melelahkan. Tapi biasanya nih baker pemula agak malas ketika sudah mulai proses mengaduk. akibatnya adonan yang dipanggang pun belum rata dan tidak bisa mengembang sepenuhnya atau bantet.

Mengurangi bahan-bahan tertentu.

Mengurangi bahan

Membuat kue yang manis bukan berarti tidak membutuhkan bahan-bahan yang gurih atau pahit. seperti contohnya garam pada adonan kue yang dibutuhkan untuk membuat semua rasa seimbang atau kopi ketika membuat adonan berbahan coklat yang bisa semakin menonjolkan rasa coklat itu sendiri. 

 

Penulis: Maria Theresia

Foto Ilustrasi: Pixabay

Follow instagram @etalaseserpong