Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Memasak Daging Kambing

16
Mengolah daging kambing membutuhkan teknik khusus.

Memasak daging kambing sering disebut gampang-gampang susah. Padahal sangat mungkin semuanya tergantung bagaimana teknik memasaknya. Sebab ada beberapa kesalahan umum yang sering tidak disadari ketika mengolahnya.

Kesalahan yang kemudian membuat pengaruh besar pada hasil akhir masakan. Mulai dari rasa yang tidak diharapkan, bau prengus daging yang kuat tercium, hingga tekstur daging yang kurang nyaman untuk dikunyah. Sayang sekali jika lantas masakan tidak habis atau terbuang sia-sia.

Baca juga: Intip Yang Positif Dari Daging Kambing

Karena itu, guna menghindari contoh-contoh tidak menyenangkan tadi, lebih baik refleksi lagi. Menilik kembali kesalahan yang sering dilakukan dalam memasak daging kambing. Agar suasana Idul Adha, yang tahun ini tetap di rumah saja, tetap bermakna dan semarak bersama keluarga.

Langsung diolah usai dipotong

Salah satunya adalah kebiasaan langsung mengolah daging begitu usai dipotong atau dibagikan. Perlu diketahui, daging yang baru dipotong teksturnya masih sangat kuat dan kaku, sehingga akan sangat alot ketika langsung dimasak. Butuh waktu supaya otot daging dapat melembek.

Jadi, disarankan membiarkan selama beberapa jam atau menunggu hingga esok hari sampai daging mentah lebih empuk. Setelahnya, mau diolah untuk menu apa saja tidak ada masalah lagi.

Langsung dimasak saat masih beku

Hindari pula langsung memasak daging yang baru dikeluarkan dari kulkas. Apalagi masih beku. Bila langsung dipotong, direbus, hingga dibakar, membutuhkan waktu yang sangat lama untuk benar-benar membuatnya matang. Sangat mungkin ada bagian yang masih mentah. Hasil masakan pun jadi tak sempurna. Karenanya biarkan di suhu ruang sampai tekstur daging kembali normal.

Baca juga: Cara Unik Melunakkan Dan Menghilangkan Bau Daging Kambing

Tidak menyertakan tulang

Menyantap daging kambing tanpa tulang memang lebih mudah. Tapi tidak menyertakan tulang dalam masakan merupakan langkah yang salah. Pasalnya tulang berfungsi untuk menambah cita rasa, terlebih Anda yang ingin mendapat kaldu dengan kualitas terbaik. Oleh sebab itu, jangan langsung dibuang. Simpan andai daging lebih diperuntukkan untuk sate, tulangnya untuk masakan jenis berkuah.

Terlalu banyak minyak atau mentega

 

Selain itu, sudahi menggunakan terlalu banyak minyak atau mentega untuk membuat daging kambing segera matang. Yang sering terjadi malah daging cepat terbakar lantas jadi gosong di bagian permukaan. Sementara bagian dalamnya ternyata masih mentah. Pakai saja secukupnya dan tidak perlu menambahkan bila sisa minyak di alat masak jumlahnya masih memadai.

Baca juga: Mitos Seputar Daging Sapi Dan Kambing Yang Tak Perlu Terlalu Dipercaya

Terlalu lama marinasi

Marinasi adalah teknik tepat untuk membuat daging kambing cepat empuk. Yakni dengan menaburkan garam dan rempah-rempah, lalu mendiamkannya. Idealnya antara 2-3 jam. Bila lebih dari itu, daging justru cenderung terlalu lembek dan tidak punya tekstur alami lagi. Menyulitkan dan malah membingungkan mau diolah sebagai apa. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram: @etalaseserpong