Kriteria Sosok Ketua RT Idaman

35
Menjadi ketua RT yang mumpuni dan bijaksana.

Walau jabatannya sering dihindari, tapi diam-diam, tetap ada kriteria tertentu yang mesti dimiliki. Itulah dambaan para warga untuk seorang ketua Rukun Tetangga (RT). Sebab dari kriteria, diharapkan mampu menjadi pemimpin yang andal.

Apalagi ketua RT dapat dikategorikan sebagai pemimpin yang paling dekat. Paling terasa dan paling sering bersinggungan dengan urusan privat. Keberadaan serta perannya bakal mempengaruhi kenyamanan lingkungan tempat tinggal. Dari mengurusi ketertiban administrasi, kebersihan lingkungan, keamanan bersama, dan hidup kondusif sehari-hari. Karenanya kriteria, meski jarang disebut terang-terangan, ikut menentukan.

Baca juga: Mengapa Banyak Yang Menolak Jadi Ketua RT?

Sebaliknya, bila yang menjadi ketua RT tidak memegang kriteria tertentu, dikhawatirkan menjadi tidak maksimal. Rentan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga berdampak besar bagi kawasan tempat tinggal. Pun bila sudah terpilih, paling tidak, diharap ketua RT terus menjaga wibawa serta reputasi yang sudah dimiliki sebelumnya.

Bersih

Diakui atau tidak, banyak ketua RT yang masih menerapkan budaya amplop. Terutama ketika warga sedang menyelesaikan suatu perkara perihal tertentu. Nah, kebiasaan ini tidak masuk dalam kriteria sosok ketua RT idaman. Karena yang diidamkan yang memilih untuk bersikap berseberangan. Yakni bersih dari segala tindak tanduk korupsi, pungutan liar, kolusi, maupun nepotisme. Jikapun ada biaya yang perlu dibebankan, meski berdasar aturan sah yang ada, bukan kehendak pribadi ketua RT semata.

Adil dan netral

Selain itu kriteria idaman juga mencakup sikap yang adil dan netral. Berlaku sama pada siapa saja dan tidak membeda-bedakan warga. Apalagi membedakan berdasar status dan aset. Tujuannya bukan hanya untuk menjaga keharmonisan bersama, melainkan juga demi posisi ketua RT itu sendiri. Agar mudah diterima dan mampu merangkul semua warga.

Baca juga: Memutuskan Mata Rantai Korupsi Di Generasi Muda

Inovatif

Lalu inovatif dan punya pandangan-pandangan baru untuk kemajuan tempat tinggal yang lebih baik. Punya rencana  Semacam langkah cerdas yang efisien dan efektif dalam memecahkan masalah. Khususnya yang sering terjadi, sudah lama mangkrak tidak terurus, atau bahkan solusi yang dapat mendatangkan penghasilan tambahan bagi warga.

Ringan tangan

Ringan tangan pada siapa yang saja adalah sikap lain yang selalu diidamkan. Suka menolong serta menjadi panutan bagi semua. Mampu menumbuhkan kesadaran dan menggerakkan sesama untuk urun membantu. Namun juga dibarengi perencanaan lanjutan supaya ketika masalah yang sama berulang, warga sudah paham langkah untuk dikerjakan. Tidak bergantung terus menerus pada ketua RT.

Cepat dan tanggap

Di samping itu punya kepribadian yang cepat tanggap terhadap situasi khusus. Kondisi yang membutuhkan keputusan secara cepat agar masalah tak semakin larut. Plus tegas tanpa mengesampingkan risiko terhadap lingkungan dan warga. Contohnya saja, memberlakukan lockdown, tapi sekaligus ada kebijakan untuk membantu warga yang sedang isoman.

Baca juga: Memimpin Yang Lebih Senior

Komunikatif

Tak lupa punya kriteria komunikatif. Terbuka pada semua warga. Tentang kebijakan-kebijakan baru yang dibuat, mengajak berunding atau diskusi, selalu menerima kritik dan segera memberikan reaksi yang pantas, mau diajak evaluasi, menerima ide-ide dari kalangan yang lebih muda, tidak gegabah memberikan hukuman bila sebelumnya tidak ada kesepakatan, dan lain sebagainya. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram: @etalaseserpong