Langkah Antisipasi Ketika Rumah Samping Yang Kosong Mulai Menganggu

47

Hidup bertetangga tidak selamanya baik-baik saja. Kadang masalah bukan muncul dari sikap tetangga, melainkan dari rumahnya. Apalagi rumah berada persis di samping dan sudah lama dibiarkan kosong.

Biasanya menjadi perkara ketika mulai menimbulkan gangguan pada rumah sendiri. Seperti bangunan jenis kopel yang mana meski terpisah tapi terhubung oleh satu atap dan satu tembok. Jadi saat satu rumah mulai tertimpa masalah, rumah yang lain ikut terkena dampak. Sementara pemilik sudah lama tidak menempati dan tidak mengurusi propertinya dengan baik. Namun pada akhirnya pemilik rumah lain yang harus kerepotan.

Baca juga: Ulah Tetangga Yang Bisa Diperkarakan Ke Ranah Hukum

Maka dari itu harus dilakukan langkah antisipasi. Terutama untuk melindungi rumah sendiri beserta seluruh anggota keluarga yang tinggal bersama. Tak perlu menunggu sampai masalah benar-benar menjadi gawat. Terlebih sejak awal sudah muncul gejala-gejala gangguan yang diabaikan.

Kenali jenis ancaman

Mulai dengan mengenali jenis ancaman. Rumah yang kosong biasanya diikuti oleh beberapa kondisi. Misalnya tumbuh tanaman liar di halaman, rumah tak terawat lalu mulai diincar binatang dari luar, rusaknya bagian-bagian rumah karena tidak dipelihara dengan baik, dan sebagainya.

Kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan. Sebab tinggal menunggu waktu saja hingga kemudian binatang-binatang mulai ikut menjarah ke rumah sendiri. Lalu cabang-cabang pohon yang lama tidak dirapikan mulai masuk ke halaman pribadi. Juga rumput-rumput yang berubah jadi semak-semak lebat menjadi hunian hewan berbahaya, seperti ular.

Mengkhawatirkan pula bila sampai bagian rumah samping yang kosong ikut memengaruhi performa rumah sendiri. Karena nantinya untuk memperbaiki harus terkoneksi juga dengan sumber kerusakan. Supaya memperbaiki tidak perlu dilakukan berulang-ulang.

Dan ingat, jenis ancaman lain adalah rumah kosong sering dimanfaatkan oknum untuk berbuat tidak benar. Contohnya sebagai akses mendekati rumah-rumah terdekat guna mencuri atau tujuan lain.

Baca juga: Yang Perlu Diantisipasi Bila Tinggal Dekat Peternakan

Lindungi properti pribadi

Lindungi properti pribadi sebisa mungkin setelah mengenali ancaman yang bisa ditimbulkan oleh rumah samping yang kosong. Misalnya dari cabang pohon atau rumput yang mulai masuk ke halaman, potong secukupnya, sesuai batas properti milik sendiri. Atau dalam batas kewajaran yang diperbolehkan.

Antisipasi pula dengan sering-sering merapikan halaman, membuang sampah, dan menjaga akses keluar masuk agar binatang atau orang tak dikenal tidak doyan berkunjung.

Hubungi pemilik

Tak perlu ragu untuk segera menghubungi pemilik bila dirasa keberadaan kondisi rumah yang kosong amat menggangu. Awali dengan cara-cara kekeluargaan, meminta iktikad baik dari sang pemilik rumah untuk lebih peka dengan situasi rumahnya dan tetangga-tetangga sekitar.

Namun bila tidak tanda-tanda ramah, Anda bisa mulai menempuh jalur selanjutnya. Seperti mengadukan perkara ke ranah hukum.

Baca juga: Segudang Persiapan Menghuni Kompleks Baru

Sampaikan pada komunitas

Atau menempuh cara lain, yakni menyampaikan pada komunitas setempat. Utarakan saja sekian masalah yang menjadi ancaman dari rumah kosong tersebut terhadap rumah Anda. Mengingat sebagai lingkungan tempat tinggal, tentu akan lebih mudah terkontrol bila dijaga bersama. Di samping membantu mengomunikasikan pada pemilik agar segera menanggulangi masalah yang ditimbulkan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow Instagram: @etalaseserpong