Makna “Arabian Night” yang Sesungguhnya Dalam Film Aladdin   

35
Kisah seribu satu malam memiliki makna terpendam.

Untuk kamu penggemar film Aladdin. Baik versi animasi atau live action pasti sudah tidak asing dengan kata “Arabian Night”. Biasa disebut juga sebagai kisah seribu satu malam. Kisah ini merupakan sejarah penting perjalanan cerita dari negeri India dan Persia zaman dahulu.

“Cerita klasik memang memiliki latar belakang dan makna tersendiri ya. Itu menjadi alasan kenapa semua orang hampir menyukai dan tidak bisa dilupakan. Berbeda dengan cerita-cerita pop yang mengikuti perkembangan zaman dan sangat mungkin ditelan waktu,” ujar Felix selaku mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara.

Seperti yang dikutip dari pookpress.co.uk, kisah seribu satu malam memiliki makna tersendiri. Terdapat sejarah kelam, kisah cinta, dan puisi cantik. Kisah seribu satu malam sendiri mampu berkelana sampai ke seluruh dunia. Jalan ceritanya yang ciamik dan menyentuh hati menjadikannya salah satu literatur yang tak lekang oleh waktu. Penasaran fakta dari kisah seribu satu malam? Simak ulasannya berikut ini.

Kisah Seribu Satu Malam

Perlu kamu ketahui, cerita Aladdin sebenarnya hanya salah satu bagian dari “Arabian Night”. Sisanya ada seribu kisah lain yang mewarnai sejarah. Perdagangan dan percintaan di negeri Timur dituangkan di dalam “Arabian Night”. Meskipun ceritanya dinamis dan beragam tetapi maknanya tetap mudah ditangkap.

Masa Lalu Raja

Sebenarnya ada sebuah peristiwa yang mengawali kisah seribu satu malam. Mengenai seorang raja bernama Shahryar dari Timur Tengah yang sangat kaya raya dan bijaksana. Ia sangat mencintai istri pertamanya. Suatu hari raja Shahryar diajak berburu oleh saudaranya yang merupakan raja di negeri sebelah. Berangkat lah ia setelah melakukan pengumuman akan kepergiannya selama beberapa hari. Tetapi ternyata hadiah yang hendak ia berikan pada saudaranya ketinggalan. Ketika ia kembali ke istana, ia mendapati istrinya sedang berselingkuh di kamarnya bersama seorang budak.

Raja Berubah Menjadi Kejam

Patah hati akibat istri pertamanya ketahuan berselingkuh di depan matanya sendiri, ia menebas kepalanya dengan pedang. Sejak itu ia membunuh setiap istri barunya di malam pertama karena takut disakiti untuk yang kedua kalinya. Sudah ratusan perempuan menjadi korban kekejamannya. Hingga sang patih kebingungan harus mencari kemana lagi calon istri yang hanya akan dihabisi oleh sang raja. Putri sulung patih kemudian bersedia untuk dinikahi karena memiliki satu rencana cerdik supaya tidak terbunuh di malam pertama dan malam berikutnya.

Ratu yang Cerdas

Ratu yang sangat cerdas ini bernama Shahrazad. Ia gemar membaca terutama mengenai sastra Timur Tengah yang sarat akan sejarah. Berangkat dari hobinya itu lah hidupnya pun selamat. Setiap malam ratu akan menceritakan sebuah kisah kepada sang raja dan akhirannya akan digantung begitu saja. Pada akhirnya sang raja pun menjadi penasaran dan menanti kisah-kisah lainnya di malam berikutnya. Ratu pun tidak pernah terbunuh karena kisah seribu satu malam.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/cocoparisienne

Follow Instagram @etalaseserpong