Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

51
Mandi air dingin di pagi hari memberikan banyak manfaat.

Hayo, siapa di sini yang mager banget untuk mandi di pagi hari? Begitu alarm bunyi rasanya masih ingin tidur-tiduran saja. Tapi sebaiknya kamu mempertimbangkan lagi untuk mulai bangun pagi dan segera mandi. Karena ternyata banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan melalui mandi pagi. 

Mengutip dari kohler.co.uk, mandi menjadi bagian dari rutinitas penting sehari-hari. Selain untuk menjaga kebersihan tubuh, mandi pagi bisa meningkatkan prodktivitas seseorang dalam bekerja. Simak ulasan berikut ini.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Mandi di pagi hari akan meningkatkan produksi sel darah putih atau leukosit yang berperan melawan virus dan bakteri di dalam tubuh. Tak hanya itu, mandi di pagi hari juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga tubuh akan terasa lebih segar sepanjang hari. Wah mulai sekarang harus rajin mandi pagi nih!

Menyegarkan pikiran

Ternyata mandi di pagi hari lebih menyegarkan pikiran daripada minum secangkir kopi lho. Efek menyegarkan dari air dingin mampu membangunkan saraf-saraf yang masih lemas setelah istirahat selama kurang lebih delapan jam. Peredaran darah yang semakin lancar karena mandi di pagi hari juga akan meningkatkan kinerja jantung dan otak.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Selain membersihkan tubuh dari kotoran, mandi air dingin di pagi hari akan membuat sirkulasi darah semakin lancar termasuk di area kepala. Dengan begitu, akar rambut akan semakin kuat dan kamu terhindar dari masalah kerontokan. Sirkulasi darah yang lancar juga akan menutrisi lapisan epidermis sehingga kulit pun terlihat lebih kenyal dan awet muda. 

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ tookapic

Follow instagram: @etalaseserpong