Martabak Kekinian di Serpong yang Harus Anda Coba

80

Martabak pasti menjadi makanan yang sangat awam bagi orang Indonesia. Makanan ini diperkenalkan pertama kali oleh keturunan Tionghoa yang datang ke Indonesia dan bermukim di Bangka Belitung. Nama asli makanan ini adalah Hok Lo Pan yang artinya “kue orang Hok Lo”. Awalnya, martabak dibuat dengan topping gula dan wijen sangrai.

Di Jakarta dan sekitarnya, termasuk Serpong, warga mengenal dua jenis martabak, yaitu martabak manis dan asin. Martabak asin biasanya merupakan campuran telur, daging, dan daun bawang. Sementara itu, martabak manis memiliki banyak sekali varian topping, yaitu keju, kacang, cokelat, wijen, dan kombinasi keempatnya. Bahkan, sekarang ini, banyak varian rasa yang kekinian, misalnya Nutella, Toblerone, green tea, macha, dan lain sebagainya.

Di Serpong sendiri, ternyata ada banyak gerai yang menjual martabak, lho! Entah itu franchise maupun orisinal hasil karya sang empunya merek. Jika Anda penggemar berat martabak, Anda wajib menyambangi gerai-gerai martabak di bawah ini.

Martabak Akang

Martabak Akang menjadi salah satu pelopor martabak kekinian yang ada saat ini. Varian martabak asin maupun manisnya sangat banyak dengan nama-nama yang akan membuat Anda tertawa sekaligus penasaran. Misalnya, martabak asin Hayam Centil (martabak berisi daging ayam), Sapi Bujangan (martabak berisi cacahan daging sapi), dan Martabak Pitak (martabak berisi daging sapi dengan topping lelehan keju mozzarella di atasnya). Sementara itu, varian martabak manisnya tak kalah menggiurkan, misalnya TarKejang (taro, keju, jagung), Pangeran (Silver Queen dicampur kismis), Toblerone Teteh (Toblerone dan susu), dan Silayang 8 Rasa (Toblerone, KitKat, Nutella, Ovomaltine, keju, kacang, choco oat, dan Oreo). Anda juga bisa menambahkan topping sesuai selera, serta menentukan rasa kulit martabak (pandan, red velvet, taro, black forest).

Harga per porsi martabak fusion ini memang tak murah, tetapi rasanya akan membuat Anda melupakan harganya yang tentu jauh dari martabak biasa. Harga per porsi dibanderol mulai dari Rp30.000 hingga Rp75.000.

Anda bisa menemukan gerai Martabak Akang di Jalan Raya Serpong Km 7 dan Ruko Glaze Gading Serpong. Anda juga bisa memesan melalui layanan ojek daring.

Martabak Pizza Orins

Martabak Pizza Orins merupakan salah satu gerai martabak yang sukses besar. Jadi, banyak orang sudah mengetahui ketenaran gerai ini, khususnya varian martabak manisnya yang menawarkan Ovomaltine yang berlimpah! Total sudah ada 32 gerai Martabak Pizza Orins yang tersebar di Jabodetabek. Di Serpong, Anda bisa menemukannya di Jalan Pahlawan Seribu No.33.

Varian menu martabak asinnya cukup banyak, mulai dari isi daging sapi, daging ayam, hingga martabak pizza dan Martabak Samyang. Sementara itu, varian martabak manisnya cukup lengkap, mulai dari yang standar hingga yang istimewa, seperti Ovomaltine, KitKat Green Tea, Skippy, dan lain sebagainya.

Uniknya, pembeli bisa memesan martabak non-sugar, lho! Selain itu, Anda bisa menjadikan martabak ini sebagai pengganti kue ulang tahun dan gerai ini menyediakan ucapan selamat ulang tahun.

Seporsi Martabak Pizza Orins dihargai Rp9.000 (ukuran mini) hingga Rp125.000.

Martabak San Francisco

Gerai ini berbeda dengan gerai martabak lainnya karena usianya sudah sangat tua! Martabak San Francisco sudah ada sejak 1967 dan masih terus berjaya di tengah semakin menjamurnya gerai martabak yang menawarkan varian martabak yang lebih beragam.

Dari semua gerai martabak yang disebutkan di artikel ini, harga martabak San Francisco memang yang paling premium. Namun, hal tersebut bisa dibilang wajar karena gerai ini sudah memiliki varian yang jauh lebih banyak dengan kualitas kelas satu. Harga seporsi martabak mulai dari Rp43.000 sampai Rp150.000

Anda bisa menemukan gerai Martabak San Francisco di Ruko German Center BSD. Di gerai ini, Anda bisa memesan varian martabak asin, seperti mix seafood, cumi spesial, udang spesial, sapi telor asin, sosis bockworust, dan lain-lain. Sementara itu, varian manis pun tak kalah banyaknya, seperti marshmallow hazelnut cokelat, tiramisu oreo chocolate, tempo doeloe cokelat kacang, dan lain sebagainya.

Martabak Royal Gading

Gerai ini sudah memiliki empat cabang, tiga cabang di Gading Serpong, BSD, dan Alam Sutera. Cabang terakhir merupakan gerai yang baru dibuka Sabtu (7/9/19) lalu!  Martabak Royal Gading menawarkan varian asin dan manis. Varian asin andalan, yaitu martabak telor keju mozzarella. Sementara itu, varian manis ada beberapa topping, misalnya Skippy, pisang, Nutella, Toblerone, KitKat, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memesan topping lebih dari satu.

Untuk harga, gerai ini membanderol harga sekitar Rp10.000 hingga Rp125 ribu.

Jadi, manakah yang akan menjadi pemberhentian Anda di akhir pekan ini?

Penulis: Krista Rai

Foto: Instagram/@martabakpizzaorins, @martabak.akang, @martabakroyalgading, @sanfranciscomartabak

Follow Instagram @etalaseserpong