Membentuk Teamwork yang Ulet dan Hebat Butuh Usaha

27
Teamwork yang hebat adalah aset berharga sebuah perusahaan.

Membangun perusahaan besar tak cukup hanya dengan modal uang saja. Semangat yang dibangun serta orang-orang yang dipilih untuk menjadi pondasi awal merupakan penentu bagaimana nasib perusahaan di masa depan. Untuk itu, menjaring karyawan baru bukan lah hal yang mudah. Latar belakang pendidikan dan sikap saat diwawancara menjadi tolak ukur pertama perusahaan dalam menerima orang baru.

Mengutip dari entrepreneur.com, tidak perlu mencari orang yang sempurna untuk bekerja di sebuah perusahaan. Karena setiap orang datang dari latar belakang yang berbeda. Salah satu tugas perusahaan bukan hanya mencari calon karyawan yang tepat tetapi juga membentuk karakter orang-orang yang sudah ada di dalamnya. Bagaimana cara membentuk teamwork yang hebat?

Menghormati setiap jabatan

Menghargai setiap orang dari berbagai jabatan di dalam sebuah perusahaan memang masih dianggap anti-mainstream. Tetapi kamu harus mendobrak kebiasaan lama ini untuk membangun teamwork yang hebat. Ketika sudah menduduki jabatan yang tinggi di sebuah perusahaan, bukan berarti kamu boleh berlaku seenaknya kepada mereka yang masih merintis di bawah. Coba lah untuk saling merangkul dan mendukung demi kemajuan perusahaan.

 Menyusun goals di awal tahun

Awali tahun yang baru dengan goals yang baru bersama anggota tim. Tulis harapan pribadi serta harapan bersama untuk  masa depan perusahaan. Dengan begitu kamu dan rekan kerja yang lain memiliki arah yang tepat untuk berkarya sepanjang tahun.

Merayakan kesuksesan dan kegagalan

Bukan hanya kesuksesan saja yang harus dirayakan, tetapi kegagalan juga harus dirayakan sekaligus direnungkan agar tidak terjadi lagi di masa depan. Mengajak rekan kerja makan-makan bersama setelah gagal mencapai sesuatu lebih baik jika dibandingkan meluapkan emosi kepada satu sama lain. Setelah kepala mulai dingin, coba lah mengadakan rapat untuk memperbaiki kesalahan.

Bonding di luar kantor

Membangun teamwork yang hebat memang membutuhkan waktu yang lama jika seluruh karyawan perusahaan hanya bersosialisasi di dalam kantor. Sesekali kegiatan seperti liburan bersama atau sekadar nongkrong di kedai kopi dibutuhkan untuk mempercepat proses pendekatan. Dengan mengenal satu sama lain secara dalam, seluruh pekerjaan akan lebih mudah dilakukan.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ Alexas_Fotos

Follow Instagram: @etalaseserpong