Memperbaiki Perekonomian Indonesia dari Sektor Terkecil

150
Meningkatkan rasa kekeluargaan bersama tetangga di masa pandemi.

Sampai pertengahan 2021, pandemi akibat virus corona dapat dikatakan belum bisa diatasi. Meskipun pemerintah sudah memberikan fasilitas berupa vaksin massal, namun tampaknya kurva korban covid-19 belum kunjung turun. Terutama setelah kebanyakan masyarakat memilih “tak patuh” pada larangan pemerintah untuk mudik di Lebaran tahun ini. Berbagai sektor ekonomi di Indonesia pun mengalami kondisi kritis. Tak ayal, korban PHK berjatuhan dan banyak pengusaha yang memilih untuk gulung tikar daripada harus tenggelam akibat utang modal.

World Health Organization (WHO) bersama International Labour Organization, International Fund for Agricultural Development (IFAD), dan Food and Agriculture Organization (FAO) menyatakan puluhan juta orang di dunia mengalami kemiskinan yang dipicu oleh disrupsi sosial ekonomi selama pandemi. Hal ini tentu saja membuat banyak negara kewalahan untuk memikirkan strategi terbaik dalam memperbaiki sektor ekonomi.

Untuk mendongkrak perekonomian Indonesia, kita harus memperbaiki dari akarnya terlebih dahulu. Menjadi saksi orang-orang sekitar yang terkena dampak ini, sudah sepantasnya kita meningkatkan rasa empati kepada para tetangga. Apalagi bagi mereka yang terpaksa banting setir dan berjualan seadanya untuk tetap menyambung hidup.

Apa yang bisa kita lakukan?

Memberikan sembako

Jika punya rezeki lebih, alangkah baiknya menyisihkan sedikit untuk memberikan sembako bagi tetangga yang kesulitan. Isi sembako tersebut berupa kebutuhan pangan pokok seperti beras, minyak, telur, gula, garam, dan lauk pauk. Kamu juga bisa menambahkan berbagai vitamin tambahan yang dibutuhkan agar terciptanya imuntias yang kuat di RT dan RW.

Membeli dagangan tetangga

Jangan ragu untuk membeli berbagai produk yang ditawarkan tetangga meskipun kamu tidak membutuhkannya. Jiwa gotong royong dan kekeluargaan yang erat sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti ini. Dari membeli dagangan warga sekitar, kamu sudah berkontribusi memperbaiki sektor perekonomian Indonesia meskipun masih berskala kecil.

Donasi

Selain membantu para tetangga, kamu juga bisa berdonasi berskala nasional dengan mengirimkan donasi melalui kanal digital terpercaya. Tidak hanya saudara-saudara sekitar kita saja yang membutuhkan uluran tangan, mereka yang ada di seluruh penjuru Indonesia juga banyak yang mengalami kesulitan.

Mempererat komunikasi

Sudah seharusnya komunikasi antar warga sekitar diperkuat selama masa pandemi. Selain untuk melacak korban positif dan warga yang diduga memiliki kontak erat, komunikasi intensif juga bisa diterapkan untuk saling gotong royong. Misalnya dalam waktu tertentu, antar warga bisa bekerja sama untuk saling mengirim makanan. Berjualan produk pun bisa dilakukan dengan mudah jika komunikasi senantiasa terjalin dengan baik.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ HaticeErol

Follow Instagram: @etalaseserpong