Menangkal Asam Urat dengan Mudah, Emang Bisa?

75
Jangan remehkan penyakit asam urat.

Duh, pusing deh kalau punya penyakit asam urat. Mau makan enak nggak bisa, apalagi kalau kambuh nya di tengah wisata kuliner bersama teman-teman. Pusing! Ketika didiagnosa memiliki penyakit asam urat, makanan yang dianjurkan wajib rendah kandungan purin, menghindari asupan alkohol, seafood, dan daging merah.

“Banyak orang bilang penyakit asam urat itu penyakitnya orangtua. Padahal yang usianya masih muda juga bias kena jika tidak mengatur pola makan,” ujar Nanda selaku warga Gading Serpong.

Mengutp dari healthline.com,  tingkat asam urat yang tinggi dikenal dengan istilah hiperurisemia. Kondisi ini menyebabkan penderita mengalami nyeri sendi karena menumpuknya asam urat atau kristal urat di dalam darah dan menyumbat persendian. Penderita asam urat tetap bisa makan enak jika sehari-hari menjalankan diet sehat dengan konsumsi makanan berikut ini.

Teh hijau

Khasiat teh hijau memang tidak bisa diragukan lagi. Selain bagus untuk mereka yang sedang dalam program diet, teh hijau memiliki kandungan anti-inflamasi terhadap reaksi hiperurisemia, di mana kondisi kadar asam urat dalam darah sangat tinggi. Antioksidan dalam teh hijau juga mampu mengeluarkan zat-zat beracun yang menumpuk di dalam tubuh.

Tomat

Selain teh hijau, tomat juga kaya akan antioksidan. Perbedaannya terletak pada zat alkali dalam tomat yang bekerja sangat baik di dalam darah. Zat ini mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah secara cepat dan efektif. Biasanya dokter akan menyarankan penderita asam urat untuk rutin mengkonsumsi tomat setiap hari.

Ikan

Mengkonsumsi ikan setiap hari dipercaya bisa mencerdaskan otak. Tentu saja karena adanya kandungan omega 3 tinggi yang dapat membantu perkembangan jaringan otak. Omega 3 juga mampu meredakan peradangan pada sendi. Jenis ikan dengan kandungan omega 3 rendah asam lemak jenuh adalah salmon dan makarel.

Pisang

Buah pisang mengandung antioksidan, potasium, dan vitamin C tinggi. Pisang tentunya cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan diet sehat, tak terkecuali bagi penderita asam urat. Rutin konsumsi pisang akan membuat metabolisme tubuh stabil sehingga kamu tetap bisa sesekali wisata kuliner tanpa khawatir kambuh di tengah jalan.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto Ilustrasi: Pixabay/ Mohamed_hassan

Follow instagram @etalaseserpong