Mencegah Stunting Anak dengan Cara Ini

26
Memerhatikan tumbuh kembang anak sejak dini untuk mencegah stunting.

Gizi buruk pada anak memang sudah menjadi masalah global. Di Indonesia sendiri, kasus gizi buruk terbilang cukup tinggi karena kurangnya edukasi dan program kebersihan lingkungan. Padahal edukasi tentang gizi sejak ibu hamil sampai usia emas anak sangat diperlukan demi mencegah berbagai masalah kesehatan.

Kualitas gizi yang diberikan kepada anak juga memengaruhi tumbuh kembang serta masa depannya kelak. Dengan gizi yang baik, perkembangan otak pun optimal. Hal ini tentu saja membuat anak tumbuh menjadi sosok yang kompeten dan cerdas.

Apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah stunting anak?

Belajar ilmu gizi tepat untuk ibu hamil

Perkembangan otak serta kebutuhan gizi anak sudah harus dipenuhi sejak kehamilan ibu. Berbagai makanan yang mengandung nutrisi tinggi bahkan memengaruhi pembentukan organ vital. Cara utama mencegah stunting pada anak adalah memberikan gizi terbaik sejak masa kehamilan.

Usahakan ASI eksklusif

Setelah anak lahir dan ibu melewati masa kehamilan, tantangan baru pun dimulai. Bayi baru lahir hingga usia enam bulan belum boleh diberikan makanan lain selain ASI. Untuk itu, ibu menyusui perlu memerhatikan asupan makanan agar nutrisi yang terkandung di dalam ASI pun lengkap dan bergizi.

Perhatikan tumbuh kembang anak

Meskipun anak terlihat baik-baik saja, orangtua tetap tidak boleh lepas pengawasan terhadap tumbuh kembangnya. Menjadi orangtua memang sudah seharusnya memerhatikan tumbuh kembang sang buah hati secara detail. Maka, jika ada masalah, orangtua bisa segera mengatasinya sebelum terlambat. Orangtua juga tidak boleh gengsi membawa anak kepada para profesional untuk diperiksa lebih lanjut.

Menjaga kebersihan lingkungan rumah

Stunting pada anak tidak hanya disebabkan oleh gizi yang buruk saja melainkan kebersihan lingkungan rumah. Penyakit diare merupakan salah satu penyakit yang berisiko tinggi menyebabkan stunting anak. Untuk itu jaga lah terus kebersihan serta saluran air di rumah. Anak memerlukan lingkungan yang ideal agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal tanpa gangguan kesehatan.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto Ilustrasi: Pixabay/ Jupilu

Follow Instagram: @etalaseserpong